Anwar Ibrahim: Saya Tidak Menghasut Warga!

|

Foto : Anwar Ibrahim (AFP)

Anwar Ibrahim: Saya Tidak Menghasut Warga!

KUALA LUMPUR - Tokoh oposisi Malaysia Anwar Ibrahim menampik tuduhan yang menyebutkan, dirinya menghasut demonstran untuk melawan polisi dan merusak barikade dalam aksi unjuk rasa pada Sabtu pekan lalu.

Anwar menegaskan, dirinya meminta Deputi Partai Keadilan Rakyat Malaysia Mohd Azmin Ali untuk berbicara dengan pihak kepolisian agar mereka diizinkan untuk masuk ke dalam Dataran Merdeka.

"Saya katakan, 'nego, nego' (negosiasi). Pastikan Anda (Azmin) mengajak polisi untuk mengawasi kita semua," ujar Anwar, seperti dikutip Straits Time, Selasa (1/5/2012).

Selain mengajak pihak polisi untuk berdialog, Anwar juga menginstruksikan demonstran agar membubarkan diri dan menjauh dari Dataran Merdeka, karena mereka tidak diberikan izin masuk.

Demonstrasi yang dilakukan oleh koalisi "Bersih" di Malaysia berakhir dengan kekerasan. Polisi pun menggunakan gas air mata dan tembakan water cannon. Namun sebelumnya, Anwar dikatakan menggerakan aksi protes dan mendesak para demonstran agar tidak takut menghadapi polisi. Anwar bahkan dikabarkan berbicara di depan ribuan demonstran di Negeri Jiran itu.

Aksi unjuk rasa itu dilakukan untuk mendesak Pemerintah Malaysia menggelar reformasi sistem pemilu. Koalisi Bersih bersikeras menekan pemerintah agar mengubah undang-undang pemilu. Mereka juga meminta agar pemilu di Negeri Jiran itu segera dipercepat, guna mengganti pemerintah Malaysia yang dipimpin oleh Partai Umno.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    KPK Acak-Acak Sulsel Bikin Pejabat Bingung