Wajo siapkan ternak ayam skala industri

illustrasi Foto: okezone

 Wajo siapkan ternak ayam skala industri
Sindonews.com - PT Malindo Feedmill tbk berencana akan melakukan investasi ternak ayam skala industri di kabupaten Wajo. Saat ini antara Pemkab wajo dan pihak perusahaan masih dalam proses negosiasi.

"Calon investor akan membuat pembibitan Day Old Chicken (DOC) ayam potong di Belawa dengan skala besar," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Wajo IB Putu Artana, Selasa (1/5/2012).

Rencananya Pembibitan DOC ini akan di pusatkan di Desa Ongkoe Kecamatan Belawa dengan luas lahan sekitar 20 hektare. Kecamatan belawa sendiri selama ini memang dikenal sebagai sentra peternakan ayam di Wajo.

"Kami tentu merespon positif rencana ini, tapi masih dalam proses awal, diharapkan nantinya dengan adanya pembibitan tersebut dapat mempermudah para peternak ayam di wajo," katanya.

Asisten I Bidang ekonomi Pembangunan Pemkab Wajo A. Sederhana, mengatakan Belawa merupakan kawasan peternakan, khusus lokasi yang dimaksud (Desa Ongkoe) sejak tahun 1991 sudah menjadi pengembangan ternak. "Kami berharap dengan adanya perusahaan tersebut nantinya maka peternak bisa mendapatkan bibit lebih murah, semacam harga pabrik lah," katanya.

Dia mengatakan, keberadaan perusahaan tersebut nantinya diharapkan dapat menguntungkan masyarakat peternak, kecuali kalau ada sistem monopoli oleh perusahaan. "Untuk mengantisipasi pola kemitraan harus berjalan dan pemerintah harus berada di tengah sebagai perantara antara perusahaan dengan masyarakat peternak," katanya.

Personal Asisten PT Malindo Feedmill tbk, Budi santoso, mengatakan pihaknya tinggal menunggu proses perizinan untuk selanjutnya membangun lokasi tersebut secepatnya. "Saya kira keberadaan perusahaan nantinya tentu akan menguntungkan peternak dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat," katanya. (ank)





(hri)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 18:35 WIB

      LPG 3 kg di Salatiga tembus Rp15.000/tabung

      Harga gas LPG ukuran 3 kilogram (kg) ditingkat pengecer di daerah Sidoerejo, Salatiga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Saat ini harga gas LPG tabung melon tersebut menembus Rp15 ribu per tabung.

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 17:11 WIB

      Kuartal III, inflasi Jabar diperkirakan 1,5-2%

      Angka inflasi Jawa Barat (Jabar) pada bulan Juli, Agustus, dan September diperkirakan akan mencapai 1,5-2 persen. Peningkatan inflasi disebabkan terbitnya sejumlah kebijakan pemerintah serta kondisi ekonomi global.
       

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 17:02 WIB

      Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat

      Sering digunakannya perairan Indonesia sebagai jalur perdagangan ekspor-impor, mengharuskan Indonesia memperkuat kekuatan maritimnya.

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 16:51 WIB

      Semester I/2012, Bulog raup untung Rp111 M

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog, mencatat keuntungan pada semester I/2012 sebesar Rp111 miliar. Pencapaian tersebut lebih disebabkan setelah adanya rekonsiliasi dari Public Service Obligation (PSO).

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 16:31 WIB

      Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat

      "Kalau Indonesia ingin kuat menjaga martabat sebagai bangsa yang kuat, berarti Indonesia harus kuat di bidang maritim maupun pertanian," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X.

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 15:13 WIB

      Raskin ke-13 siap meluncur jelang Ramadan

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog siap salurkan beras untuk rumah tangga miskin (raskin) ke-13. Penyaluran itu akan dilakukan menunggu keputusan pemerintah. Kemungkinan, raskin tersebut akan disalurkan menjelang bulan Ramadan

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 14:44 WIB

      Kulon Progo siapkan kota Satelit

      Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta menyiapkan tiga kecamatan sebagai kota satelit. Kota satelit disiapkan untuk merespon kebutuhan hunian terkait adanya megaproyek yang akan dibangun di daerah ini.

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 14:39 WIB

      Stok beras aman hingga maret 2013

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog memastikan pasokan beras aman sampai dengan sembilan bulan kedepan (Maret 2013). Pasalnya, terhitung sampai dengan saat ini Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia di Bulog mencapai 468.000 ton.

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 14:17 WIB

      Indeks kepercayaan konsumen RI kian melejit

      Tingkat kepercayaan konsumen Indonesia terus meningkat seiring dengan Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) naik sebesar 1,2 persen menjadi 92,4 dari sebelumnya 91,3.

    • UMKM
      Rabu, 04 Juli 2012 14:12 WIB

      Ramadan & Lebaran, Bulog jamin harga beras stabil

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog memastikan harga beras pada bulan Ramadan dan Lebaran akan bergerak stabil. Pasalnya, dilihat dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia di Bulog adalah sebesar 468 ribu ton.

    Baca Juga

    Alasan Ahok Mencak-Mencak di Depan Buruh