Yuk, Bersiap Ikuti Ujian Tulis SNMPTN

|

Ilustrasi: ist.

Yuk, Bersiap Ikuti Ujian Tulis SNMPTN

JAKARTA - Setelah Jalur Undangan, kini saatnya siswa SMA kelas XII bersiap mengikuti Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. 

Menurut laman resmi SNMPTN 2012, Kamis (3/5/2012), Ujian Tertulis dan Keterampilan adalah mekanisme SNMPTN melalui ujian tertulis dan keterampilan yang dilakukan serentak secara nasional. Lokasi pelaksanaan SNMPTN Ujian Tulis dibagi menjadi empat wilayah yakni Sumatera dan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan, serta Sulawesi dan Papua.

Peserta Ujian Tulis SNMPTN adalah mereka yang lulus dari SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2010, 2011, dan 2012. Kamu yang lulus pada 2010 dan 2011 harus sudah memiliki ijazah, sedangkan lulusan 2012 sekurang-kurangnya memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah. Selain syarat akademik, beberapa program studi (prodi) juga mensyaratkan bebas buta warna. 

Kamu bisa mendaftar Ujian Tulis SNMPTN 2012 pada 10 Mei 2012 pukul 08.00 WIB hingga 31 Mei 2012 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id. Untuk menyimak panduan pendaftaran secara lengkap dan tata cara pengisian formulir pendaftaran, kamu bisa membuka laman http://download.snmptn.ac.id.

Sama seperti SNMPTN Jalur Undangan, Jalur Ujian Tulis SNMPTN juga terbuka dalam tiga kelompok ujian, yakni ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), dan ilmu pengetahuan campuran (IPC). Pemilihan kelompok ujian ini tidak harus sesuai dengan latar belakang jurusanmu di sekolah. Jadi, kamu yang terdaftar sebagai siswa IPA bisa mengikuti ujian IPS, begitu juga sebaliknya. Untuk mendaftar di kelompok IPA dan IPS, biaya pendaftarannya adalah Rp150 ribu, sedangkan peserta kelompok IPC harus membayar biaya pendaftaran Rp175 ribu.

SNMPTN Jalur Undangan dijadwalkan pada 12-13 Juni 2012 dan Ujian Keterampilan pada 14 dan/atau 15 Juni 2012. Sementara, hasil ujian akan diumumkan pada 7 Juli 2012 mulai pukul 19.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.snmptn.ac.id.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Tangkap Pembacok Prajurit TNI