SBY Tak Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun Ini

Jum'at, 04 Mei 2012 16:04 wib | Tegar Arief Fadly - Okezone

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Susilo Bambang Yudhoyono JAKARTA - Presiden SBY dipastikan tidak dapat mengikuti peringatan pidato Soekarno 1 Juni 1945 yang akan diselenggarakan oleh MPR. SBY mendelegasikan Wakil Presiden Boediono untuk menggantikannya dalam acara tersebut.
 
"Didelegasikan ke Baak Wapres. Intinya seperti itu," kata Menkopolhukam Djoko Suyanto kepada wartawan usai menemui Ketua MPR Taufiq Kiemas di Jakarta, Jumat (04/05/2012).
 
Menurut Djoko, Presiden SBY tidak dapat hadir dalam peringatan tersebut karena mengikuti acara di luar negeri yang memang sudah diagendakan sejak lama.
 
"Presiden mulai tanggal 30-31 Mei ada acara di Bangkok tentang World Economic Corruption. Dan tanggal 1 Juni itu ada sanggar dialog di Singapura yang sudah dijadwal sejak lama. Dan itu World Leader beliau bicara sehingga beliau berhalangan hadir pada 1 Juni," jelasnya.
 
Menurut Djoko, Taufiq Kiemas tidak mempermasalahkan ketidakhadiran Presiden SBY dalam acara peringatan tersebut. "Beliau (ketua MPR) kan memahami jadwal Presiden yang sudah ditentukan sebelumnya," imbuhnya.
 
Sebelumnya, Menkopolhukam mendatangi kompleks DPR/MPR didampingi oleh Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi untuk menyampaikan ketidakhadiran SBY.
 
Seperti diketahui, sejak era kepemimpinan Taufiq Kiemas, MPR secara rutin menggelar peringatan pidato Soekarno 1 Juni 1945 atau hari lahir Pancasila. Dua tahun sebelumnya, peringatan tersebut selalu dihadiri Presiden SBY bersama mantan presiden dan wakil presiden lainnya.
(abe)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »