"Kuliah Gratis" di Harvard dan MIT

|

Image: corbis.com

MASSACHUSETTS - Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) menawarkan program kuliah online gratis dalam sebuah proyek bernama "edx". Kerjasama kedua lembaga melibatkan dana sekira USD60 juta dan ditargetkan menarik jutaan pelajar dari seluruh dunia.

"Siapa pun yang memiliki koneksi interet di bagian dunia mana pun memiliki akses pada program ini," kata Rektor Harvard Drew Faust, seperti dilansir Huffington Post, Sabtu (5/4/2012).

Harvard sendiri telah lama menawarkan berbagai jenis kuliah kepada masyarakat melalui program ekstensi.

Sementara, MIT sendiri telah memiliki program serupa sejak sedikitnya satu dekade lalu. Program bertajuk OpenCourceWare itu menyediakan jutaan materi dari 2.000 perkuliahan secara online dan gratis. Materi-materi tersebut pun telah dipergunakan oleh lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia.

Pada Desember tahun lalu, MIT juga mengumumkan program khusus, MITx, yang memberikan sertifikat bagi mereka yang menyelesaikan program kuliah tertentu secara online. Program MITx inilah yang akan menjadi fondasi bagi sistem pembelajaran terbaru besutan Harvard dan MIT.

Rektor MIT Susan Hockfield menyatakan, lebih dari 120 ribu orang terdaftar sebagai peserta angkatan pertama MITx. "Kamu berharap, kampus lain juga akan bergabung dalam program edx ini," ujar Hockfield. 

 

Perguruan tinggi lainnya, termasuk Stanford, Yale, dan Carnegie-Mellon, telah melakukan uji coba dalam bidang pengajaran online global.

Inisiatif Harvard-MIT ini akan diawasi oleh lembaga nirlaba berbasis di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Program ini pun akan dimiliki bersama oleh kedua kampus yang menanggung masing-masing 50 persen dari dana yang dibutuhkan untuk meluncurkan program tersebut.

Kedua kampus akan memberikan sertifikat kepada para pelajar yang sudah menyelesaikan program kuliah. Tidak hanya itu, platform edx juga akan dijadikan alat penelitian untuk mengikuti metode dan alat pembelajaran mana yang sukses diterapkan.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Suster Bayi Fadlan Jadi Tersangka, Terancam Tujuh Tahun Bui