Polsus KA Tangkap Pencuri Bantalan Rem Kereta

|

Ilustrasi

Polsus KA Tangkap Pencuri Bantalan Rem Kereta

MALANG - Petugas Polsus KA menangkap seorang pencuri bantalan rem kereta api di Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur. Pelaku ditangkap bersama barang bukti tiga bantalan rel kereta hasil curiannya.

Penangkapan terhadap Rikardo, warga Blimbing, Kota Malang, menjadi tontonan para penumpang kereta api di stasiun tersebut. Pelaku yang tampak menyesal langsung digelandang ke mobil polisi untuk diproses secara hukum.

Di hadapan petugas Polsus KA, pelaku mengaku sudah beraksi sejak dua bulan lalu. Aksi nekat itu dilakukannya karena tidak memiliki pekerjaan akibat diberhentikan dari pabrik tempatnya bekerja. "Untuk keperluan ekonomi pak. Saya tidak punya pekerjaan setelah dipecat dari tempat saya bekerja sebelumnya," ujar Rikardo saat diperiksa, Selasa (8/5/2012).

Bapak tiga anak itu mengaku beraksi setiap hari dan menjual besi hasil curiannya ke Pasuruan seharga Rp4 ribu per kilogramnya. Dari hasil tersebut, seharinya dia bisa mendapat Rp50 ribu. "Saya pikir besi bantalan rem itu tidak terpakai, jadi saya ambil untuk dijual," dalihnya.

Sementara itu, Kepala Keamanan Polsus KA Stasiun Kota Baru, Tomi, mengatakan, pengintaian terhadap pelaku kejahatan pencurian rem bantalan rem sudah sejak beberapa pekan dilakukan. Pasalnya, sejak dua bulan terkahir, pihaknya kerap kehilangan bantalan rem kereta api, baik baru maupun bekas.

"Tidak hanya rem bekas, rem baru juga diambil oleh pelaku," papar Tomi.

Dia mengesalkan tindakan pelaku karena dapat mengancam jiwa penumpang kereta yang melintas. "Demi uang Rp50 ribu dia tidak memikirkan risiko yang dihadapi penupang dan awak kereta," kesalnya.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tiga Pendaki Dievakuasi dari Gunung Guntur