Televisi Unik dengan Tenaga Sepeda

|

Sepeda untuk mengalirkan listrik pada televisi (Foto: Telegraph)

Televisi Unik dengan Tenaga Sepeda

BROCKENHURST - Program ramah lingkungan yang diterapkan oleh penginapan Cottage Lodge amat menarik. Penginapan itu menyediakan televisi yang listriknya berasal bertenaga sepeda. 

Para tamu diruangan masing-masing bisa menonton televisi dengan menjaga kebugaran tubuh dengan cara bersepeda. Mereka harus mengayuh pedal sepeda untuk menghasilkan energi agar televisi itu tetap menyala.

Penginapan yang terletak di desa Brockenhurst, Inggris ini juga dilengkapi dengan panel surya dan kompor pembakaran kayu untuk menghasilkan air panas dan shower untuk menghemat penggunaan air. Sementara itu, tempat tidur, meja rias, lemari pakaian dan cermin dibuat dari pohon lokal yang sudah tumbang.

Christina Simons, pemilik hotel, telah menghabiskan waktu hampir delapan tahun untuk mengubahnya menjadi bangunan yang ramah lingkungan. Dia juga menjelaskan bagaimana dia bisa mengubah bangunan yang sudah ada itu sejak 360 tahun yang lalu. 

"Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1650 yang dikenal sebagai bangunan kapal reklamasi. Saya hanya fokus pada tiga hal ketika mendirikan sebuah bangunan, yakni mengurangi limbah, meminimalkan polusi dan menggunakan sumber daya dengan dampak serendah mungkin," ujar Simons, seperti dikutip dari The Telegraph, Rabu (9/5/2012) 

"Saya juga ingin menunjukkan bahwa pola ramah lingkungan sangat menarik dan ternyata para tamu senang bersepeda," imbuhnya.

Penginapan itu telah memenangkan beberapa penghargaan untuk penerapan pola ramah lingkungan, termasuk penghargaan dari Visit Britain dan AA. Penginapan itu dihargai per malam sebesar 129 per poundsterling atau sekitar Rp 1,8 juta (Rp14.075 per poundsterling).

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Kartu Sakti" Jokowi Disebar di Jawa Timur