Kementerian PDT Luncurkan Dua Program Unggulan

|

Menteri PDT Helmy Faishal (Foto: Dok Okezone)

Kementerian PDT Luncurkan Dua Program Unggulan

JAKARTA - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal mempertajam strategi percepatan pembangunan daerah dengan dua program unggulan. Kedua program tersebut ialah Bedah Desa dan Pengembangan Produk/Komoditas Unggulan Kabupaten (Prukab).

"Bedah desa, program ini memprioritaskan pemenuhan kebutuhan insfrastruktur desa, seperti jalan poros dan energi listrik. Sementara Prukab, mendorong kabupaten atau daerah fokus mengembangkan satu produk unggulan daerah tertinggal," ujarnya dalam kegiatan Ngobrol Bareng Menteri PDT di Gedung Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (10/5/2012).

Dua program unggulan ini, lanjut Helmy, merupakan perbaikan dari paradigma program pengentasan daerah-daerah tertinggal yang dilaksanakan pada masa lalu. "Program ini perbaikan dari masa lalu dari basis kawasan menjadi basis pedesaan dan masyarakat," imbuhnya.

Sampai 2010, kata Helmy, daerah tertinggal yang menjadi perhatian Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) berjumlah 183 Kabupaten. Peringkat tertinggi daerah tertinggal berada di wilayah Sumatera Selatan.

"Wilayah Sumatera dengan jumlah 46 Kabupaten, Papua 35 Kabupaten, Sulawesi 34 Kabupaten, Nusa Tenggara 28 Kabupaten, Kalimantan 16 Kabupaten, Maluku 15 Kabupaten, Jawa, dan Bali 9 Kabupaten," ungkapnya.

Dalam konteks ini, pemerintah sudah berusaha melakukan usaha-usaha dengan membuat Dana Lokasi Umum (DAU) dan Dana Lokasi Khusus (DAK).

"Kedua, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Ketiga, tata kelola sumber daya alam. Keempat, harmonisasi dan sinkronisasi antara kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Kelima, kerja sama dengan para stakeholder," urainya.

(ded)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Bekuk Pengedar Uang Palsu