KPK Akan Kembali Ekspose Kasus Hambalang

|

KPK Akan Kembali Ekspose Kasus Hambalang

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi berencana menggelar lagi ekspose kasus dugaan korupsi pembangunan Sport Center, Hambalang 2010, Bogor, Jawa Barat.

Juru bicara KPK, Johan Budi, mengatakan kemungkinan ekspose atau gelar perkara Hambalang diadakan paling lambat pada Jumat, 11 Mei 2012.

"Pekan ini, KPK akan melakukan ekspose lagi. Kalau tidak Kamis ya Jumat," kata Johan Budi di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu, (9/5/2012).

Kasus dugaan korupsi di proyek Hambalang pertama kali dibeberkan oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin. Di proyek tersebut, terdapat kejanggalan pembangunan senilai lebih dari Rp1,5 triliun.

KPK mulai menyelidiki dugaan korupsi tersebut sejak Agustus 2011 lalu. KPK sendiri hingga kini sudah empat kali meng-ekspose Hambalang. Namun, belum ada tanda-tanda status kasus Hambalang akan beranjak dari penyelidikan oleh KPK.

Johan Budi mengatakan KPK belum menemukan dua alat bukti untuk menaikkan status Hambalang menjadi penyidikan. "Ekspose pekan ini untuk melihat apakah dalam proses penyelidikan sudah cukup dua alat bukti atau belum," tutur Johan.

Dalam menyelidiki Hambalang, KPK sudah memeriksa lebih dari 50 orang yang disebut-sebut mengetahui, mendengar, atau melihat dugaan penyimpangan proyek. KPK telah memeriksa, antara lain, pejabat di Kementerian Pekerjaan Umum dan konsultan proyek dan Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

Pada 26 april lalu, KPK juga telah memeriksa istri ketua Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Atthiyah Laila. Atthiyah disebut-sebut sebagai Komisaris PT Dutasari Ciptalaras, perusahaan subkontrak dari dua perusahaan BUMN, PT Adhi Karya dan PT Wijaya Karya. Dua perusahaan terakhir diplot membangun Sport Center Hambalang.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ini yang Dilakukan Wakil Ketua KPK Selepas Pensiun