Jalan Menuju Pearl Harbor

|

Foto : Pearl Harbour (ww2f)

Jalan Menuju Pearl Harbor

SEBAGAI satu-satunya negara fasis di kawasan Asia, Jepang berhadapan dengan AS, Inggris, Prancis, Portugal, dan Belanda yang kerap menguasai negara-negara di Asia dan Asia Tenggara. Jepang ingin sekali menggantikan Eropa dan AS sebagai penjajah negara Asia.

 

Pertama-tama, Jepang menguasai Manchuria dan mengebom Shanghai, pada akhirnya, Jepang mengadakan perang dalam skala besar dengan China. Sikap Jepang terhadap China sangat membuat AS berang. Akhirnya AS memboikot seluruh produk dari Jepang.

 

Pada 1940, Jepang terlihat makin agresif dan mendambakan perluasan wilayah. Negeri Sakura itu akhirnya mencoba merebut negara-negara koloni Prancis dan Belanda di Asia Tenggara. Jepang pun bergabung dengan Poros (Jerman dan Italia) setelah menandatangani Pakta Triparti. Dalam pakta tersebut, bila Jerman, Italia, atau Jepang diserang, deklarasi perang akan muncul. AS langsung menghentikan ekspor pasokan bahan bakar dan besi tua ke Jepang.

 

Negeri Sakura yang bergantung dengan negara lain untuk memenuhi sumber energinya semakin berang. Juli 1941, Jepang sudah menguasai negara-negara di wilayah Indo-China yang dahulu diduduki Prancis. Roosevelt membalasnya dengan membekukan seluruh aset pejabat Jepang yang ada di AS. Meski demikian, dialog pun tetap berlangsung antara Jepang dan AS. Jepang setuju untuk menghentikan ekspansinya ke wilayah selatan bila AS tidak lagi memasok bantuan ke China, AS justru menolak usulan Jepang dan meminta Jepang mundur dari Indo-China.

 

Setelah Jendral Hideki Tojo menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang, pesawat-pesawat tempur Jepang berangkat menuju Pearl Harbor. Pesawat tempur Jepang yang dipimpin oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor, pangkalan militer AS terbesar di Pasifik. Jepang juga menyerang pangkalan AS di Filipina dan menginvasi koloni-koloni Inggris di Hong Kong, Malaya, Borneo, dan Myanmar. AS akhirnya mengumumkan perang melawan Jepang.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Sejarah

      Sejarah Kelam Upacara Inagurasi Presiden AS

      Upacara Inagurasi Presiden Amerika Serikat (AS) ternyata tidak selamanya tentang kemeriahan pesta dan parade. Ada saat dalam sejarah AS dimana upacara inagurasi jutsru menjadi ajang terjadinya kekacauan dan kerusuhan.

    • Sejarah

      31 Tahun Protes Damai Berlangsung di Depan Gedung Putih

      Protes menjadi salah satu cara dari seseorang atau kelompok untuk menyuarakan ketidaksetujuannya atas suatu masalah. Tetapi bila protes itu berlangsung selama 31 tahun, apakah membuktikan aksi protes gagal menyampaikan keluhan?

    • Sejarah

      AS Terseret Lagi ke Perang Dunia

      Amerika Serikat (AS) tidak dapat menghadapi perang yang muncul di dua wilayah besar, konsentrasi utama AS adalah menghabisi Jerman. Meski demikian, AS menggunakan Australia sebagai basis militernya untuk mengalahkan Jepang.

    • Sejarah

      Kebijakan Luar Negeri AS Ala Roosevelt

      Pemerintah AS yang berada di bawah Franklin D Roosevelt mengadopsi prinsip nonintervensi. Hal ini dicetuskan Roosevelt seiring dengan makin rentannya keamanan di Eropa karena kekuatan fasis seperti di Jerman.

    • Sejarah

      Amerika Serikat Masuki Depresi Besar

      Depresi Besar atau yang sering disebut dengan istilah zaman malaise adalah peristiwa penurunan tingkat perekonomian secara dramatis di seluruh dunia, pada 1929. Kondisi pasar mulai kacau, dan inilah depresi terburuk yang ada di sejarah AS.

    • Sejarah

      Woodrow Wilson & Liga Bangsa-Bangsa

      Di bawah kesepakatan gencatan senjata, salah satu hal yang ditekankan oleh Presiden AS Woodrow Wilson adalah perdamaian dengan Jerman beserta aliansinya.

    • Sejarah

      Netralitas AS Dalam Perang Dunia

      Ketika Perang Dunia pecah, Presiden AS Woodrow Wilson langsung mengumumkan bahwa dirinya tidak akan menyeret negaranya dalam Perang Dunia dan menyerukan warga AS untuk tidak memihak dalam menyikapi perang tersebut.

    • Sejarah

      Awal Dari Perang Dunia

      Tepat pada 28 Juni 1914, kelompok militan berhaluan nasionalis Serbia yang dipimpin oleh Gavrilo Princip membunuh pewaris tahta kekaisaran Austria-Hongaria, Pangeran Franz Ferdinand von Hasburg.

    • Sejarah

      Perang Saudara Warnai Sejarah AS

      Pada era 1840 hingga 1850-an, wilayah utara dan selatan Amerika Serikat (AS) saling membenci satu sama lain. Kedua wilayah memiliki perbedaan segi ekonomi. Wilayah utara menggerakan ekonominya dengan mengandalkan sektor industri.

    • Sejarah

      Partai Republik Hadir Saingi Demokrat

      Pada dasarnya, Partai Republik hadir dari akar partai yang sama dengan Partai Demokrat. Kedua berasal dari Partai Demokratik-Republik bentukan Thomas Jefferson pada 1792.

    Baca Juga

    Tempuh 822 Km, Mobil Listrik SMK Muhammadiyah Tiba di Surabaya