Peneliti Siapkan Bir Berusia 1 Abad

Botol dari bir yang berusia 170 tahun (Foto: Reuters)

Peneliti Siapkan Bir Berusia 1 Abad
HELSINKI - Para peneliti di Finlandia berupaya keras untuk menciptakan kembali bir yang berasal dari tahun 1840. Mereka berusaha untuk membuat ulang bir tersebut dari bakteri hidup yang terdapat sebuah di puing kapal tua.

Kapal tersebut ditemukan di dekat Pulau Aland dan diperkirakan tenggelam pada 1840 silam. Ketika tenggelam, kapal nahas itu juga membawa sampanye yang masih bisa diminum, ketika kapal ditemukan pada 2010 silam.

Sementara dua botol bir yang berada di kapal juga ditemukan. Tetapi botol-botol tersebut ditemukan dalam kondisi kosong. Sepertinya bir tersebut tidak bisa melewati masa waktu yang panjang.

Tetapi ketika ditemukan, botol-botol kosong ini masih memiliki warna emas dari bir. Para peneliti juga masih menemukan aroma mawar, kacang almond dan cengkeh.

"Berdasarkan penelitian dan analisa kimia, kami berhasil membuat kembali bir tersebut. Dengan bantuan pembuat bir, memungkinkan kami membuat bir yang rasanya serupa dari botol tua berusia 170 tahun itu," ujar peneliti Finlandia Annika Wilhemson, seperti dikutip Reuters, Sabtu (12/5/2012).

Belum jelas apakah bir ini akan diproduksi secara massal. Tetapi para peneliti merasa bangga dengan rekayasa yang berhasil mereka lakukan itu.
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jutaan Orang di Inggirs Nyetir dalam Kondisi "Buta"