Begini Cara Makan Sehat dan Hemat

|

Rencanakan menu makan sehatmu setiap hari. (Foto: surviving college)

Begini Cara Makan Sehat dan Hemat

SEBAGAI mahasiswa rantau, seringkali kita tidak memerhatikan asupan makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh. Jadwal kuliah yang padat, belajar, bekerja paruh waktu, dan kegiatan ekstrakurikuler telah sangat menyita waktu, sehingga membuatmu tidak sempat lagi memikirkan tentang menu makanan yang sehat.

Masalah ini diperparah lagi oleh kenyataan bahwa mahasiswa mengoperasikan tubuh dan pikiran mereka pada kecepatan penuh sepanjang hari, dan mengonsumsi makanan yang tidak menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan untuk bekerja dengan baik. Ditambah lagi, makanan cepat saji atau menu restoran menguras isi kantongmu dengan sangat cepat.

Nah, agar kamu tetap makan dengan menu sehat selama hidup di rantau, simak tips berikut seperti dikutip dari Surviving College, Kamis (17/5/2012). 

Buat daftar

Catat apa saja makanan yang ingin kamu makan dan sehat bagi tubuhmu. Salah satu masalah utama ketika jam makan tiba adalah kamu tidak memiliki makanan di rumah kos.

Simpanlah daftarmu itu di dapur atau kamar kosmu, sehingga ketika kamu mulai kehabisan bahan makanan, kamu bisa menuliskannya. Daftar ini akan membantumu terjadwal ketika pergi ke toko bahan makanan, dan hanya membeli apa yang ada dalam daftar tersebut. 

Beli dalam jumlah banyak

Banyak barang yang bisa kamu beli sekaligus dalam jumlah banyak. Belilah bahan makanan yang serba guna dan enggak akan mudah membuatmu bosan. Misalnya, ayam. Ia adalah bahan makanan universal yang mudah diolah dalam berbagai cara.

Belilah ayam yang sudah dibekukan di supermarket. Dan kamu pun dapat mengolahnya sebagai lauk makan siang atau makan malam.

Rencanakan menu

Setelah kamu membeli berbagai bahan makanan sehat dan kulkasmu penuh terisi, mulailah merencanakan menu makananmu. Pikirkan jadwal harianmu dan siapkan makananmu lebih awal. 

Jika kamu tahu bahwa kamu tidak akan sempat pulang ke rumah kos untuk makan siang, siapkan makan siangmu sebagai bekal sehingga kamu tidak perlu pergi ke restoran cepat saji untuk mengisi perut. Ketika tiba saatnya makan malam, masaklah makanan yang mudah dan enak. Kamu bisa menemukan banyak resepnya dari berbagai sumber.

Gunakan yang kamu miliki

Ketika kamu mulai kehabisan bahan makanan tetapi tidak ingin pergi berbelanja, lihatlah apa yang kamu miliki di dapur dan kulkasmu. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan makanan yang tersisa untuk membuat masakan baru. Cara ini akan membuatmu tetap mengonsumsi makanan sehat dan kamu pun dapat berhemat karena tidak perlu pergi membeli makan di luar. 

Kiat-kiat sederhana ini akan membantu semua mahasiswa rantau mengelola uang sekaligus memberi asupan bergizi bagi tubuh mereka.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Tangkap Tiga Suporter Bonek