Hakim Senior Disumpah Jadi PM Yunani

|

Foto : Panagiotis Pikrammenos (AP)

Hakim Senior Disumpah Jadi PM Yunani

ATHENA - Seorang hakim senior bernama Panagiotis Pikrammenos disumpah menjadi Perdana Menteri Yunani untuk memimpin pemerintahan sementara. Pemerintahan itu akan memegang kekuasaan hingga pemilu parlemen kedua digelar.

Pria berusia 67 tahun itu akan memimpin pemerintahan Yunani dengan wewenang yang terbatas. Pikrammenos akan menunjuk 16 orang anggota kabinetnya hari ini. Presiden Yunani Karolos Papoulias mengatakan, penunjukan Pikrammenos dilakukan di saat Yunani dilanda krisis utang.

"Kondisi bank-bank Yunani sangatlah rumit. Gubernur Bank Sentral Yunani George Provopoulos meminta saya untuk tidak panik, namun muncul ketakutan yang sangat besar justru akan muncul dan menciptakan kepanikan," ujar Papoulias, seperti dikutip Associated Press, Kamis (17/5/2012).

Tidak ada warga Yunani yang tampak mengantri di bank setelah pemilu parlemen dilaksanakan pada 6 Mei. Para warga Yunani memilih untuk menarik seluruh uangnya dua tahun yang lalu, karena krisis ekonomi Yunani dinilai makin parah.

Usai pemilu parlemen digelar, beberapa fraksi politik sosialis dan sayap kiri mengalami kebangkitan di negara tersebut. Mereka juga menolak kebijakan bailout yang sudah disetujui Pemerintah Yunani beberapa bulan yang lalu, sebelum pemilu.

Seiring dengan adanya kegagalan dari partai konservatif dalam membentuk koalisi, partai sayap kiri mendesak diulangnya pemilu parlemen. Partai kiri dan koalisinya juga menolak pembentukan pemerintahan yang dipimpin oleh seorang teknokrat.

Presiden Papoulias pun tidak memilik pilihan lain kecuali mengulang proses pemilu di negaranya. Pada Juni mendatang, Yunani berniat untuk mengulang kembali pemilunya. Partai kiri pun yakin akan memenangkan pemilu itu dan menguasai Yunani.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tokoh Kawasan Timur Kritisi Kabinet Jokowi