Kantor Samsat Ikut Cuti Bersama, Pembayar Pajak Kecele

|

Seorang pembayar pajak yang kecele (Foto: Prabowo/okezone)

Kantor Samsat Ikut Cuti Bersama, Pembayar Pajak Kecele

YOGYAKARTA - Puluhan orang silih berganti mendatangi kantor Samsat Pembantu di Jalan Solo, KM 8, Maguwo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Mereka akan membayar pajak kendaraan, baik motor maupun mobil.

Namun mereka kecewa lantaran kantor layanan pembayaran pajak kendaraan tutup karena cuti bersama.

“Saya pikir hari ini buka, ternyata tutup. Padahal motor saya hari ini tangal terakhir bayar pajak," kata Sukamto, warga Kaliajer, Berbah, Sleman, Jumat (18/5/2012).

Setelah mengetahui tutup dan besok Sabtu, 19 Mei buka, dia akan kembali lagi ke kantor Samsat untuk membayar pajak. "Iya berarti besok ke sini lagi, itu pengumumannya buka mulai 19 Mei. Biasanya, Sabtu itu pelayanan hanya setengah hari," keluhnya.

Senada dikatakan Widodo (31) warga Madubaru, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Dia harus mengurungkan waktu membayar pajak motor miliknya untuk hari ini.

"Lha ini motor saya harusnya kemarin (17 Mei) pajak. Hari ini saya ke sini untuk pajak agar tidak kena denda, eh ternyata malah tutup," gerutunya.

Hingga pukul 10.30 WIB, banyak orang 'mampir' ke Samsat tersebut. Setelah mengetahui pengumuman mereka pergi lagi. Meski kecewa, mereka menyadari kalau hari ini merupakan libur cuti bersama.

"Dari rumah tadi saya sudah 'gojak-gajek' (ragu-ragu), ya sekalian pergi saya berniat membayar pajak, ternyata bener tutup," aku Ekawati, (29) warga Kalasan, Sleman.

Di depan pintu masuk kantor Samsat, terpampang kertas kecil berisi pengumunan. Dalam kertas itu disebutkan pelayanan pembayaran pajak tutup mulai 17 dan 18 Mei ini. Tak khayal, banyak orang yang tidak mengetahui kalau hari ini tutup kecewa.

Pengumuman bernomor 13/182/V/20122 itu menyebutkan ada dua dasar yang menyebabkan hari ini tidak melayani pembayaran pajak. Pertama, Surat Keputusan bersama Menteri Agama RI, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigransi RI, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI no 7 th 2011, 04/MEN/VII/2011, Nomor ; SKB/03/M.PAN-RB/07/2011, tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2012.

Kedua, Surat Edaran Gubernur DIY Nomor 003/3282 tanggal 27 Oktober 2011 perihal Pelaksaan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.

(kem)

berita terkait

foto & video lainnya

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ini Bukan Vespa, Ini SYM Attila Elizabeth