Kebakaran Besar di Balikpapan, 292 Kios Pasar Ludes

|

Kios di Pasar Blauran, Balikpapa, ludes dilalap api (Foto: Okezone/Amir S)

Kebakaran Besar di Balikpapan, 292 Kios Pasar Ludes

BALIKPAPAN - Kebakaran besar melanda kompleks Pasar Blauran Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur, subuh tadi. Api menghanguskan 292 lapak serta kios pedagang.

Berdasarkan informasi dari warga api mulai membakar lapak permanen sekira pukul 04.45 Wita. “Api berasal dari lantai II Blok DD bagian belakang menghadap laut,” ujar Sabir (40) warga sekitar, Minggu (20/5/2012).

Hal itu dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kebakaran (BPBK) Balikpapan, Abdul Aziz. “Yang di bagian lantai II menghadap laut, tapi belum diketahui penyebabnya,” ujar Aziz di lokasi.

Sedikitnya 20 unit mobil pemadaman kebakaran, dari BPBK, Chevron, Total, dan Pertamina, dikerahkan. Api baru dapat dipadamkan sekira pukul 08.30 Wita.

Pihak pemadaman mengalami kesulitan karena bentuk bangunan yang tertutup. “Ditambah lagi, angin laut cukup kencang dan bahan terbakar banyak pakaian dan sepatu,” sambung Aziz.

Kompleks pasar Blauran Klandasan berada di Jalan Sudirman. Lantai I bagian luar terdapat kios telepon seluler, sedangkan bagian dalam terdapat kios sepatu, serta di lantai II dihuni pedagang pakaian.

Beruntung, api dapat dilokalisasi sehingga tidak merembet ke blok A-C juga banyak dihuni pedagang Ponsel, pakaian, dan emas. ”Api sudah bisa dilokalisasi. Tapi ada satu musala habis terbakar di lantai II yang berbatasan dengan blok sebelahnya,” terangnya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, yang melakukan pemantauan proses pemadaman api, belum bisa berkomentar banyak. “Kami masih menunggu pendataan. Mungkin nanti akan kita lakukan perbaikan,” Sebut Rizal.

 

Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono mengaku belum mengetahui penyebab pasti kebakaran. “Sekira pukul 05.00 Wita kami dikabari ada kebakaran,” katanya.

Polres rencananya akan melakukan olah TKP dengan mendatangkan tim Laboratorium Forensik dari Polda Jawa Timur. Untuk memperlancar tugas pemadam, polisi sempat menutup Jalan Jenderal Sudirman ke arah Pasar Blauran, Klandasan.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pendidikan Karakter Perlu Keteladanan Tindak Korupsi