Ulas Hukum Bisnis & Ekonomi Akhiri Masa Bakti Prof Djeki

|

Ilustrasi : ist.

Ulas Hukum Bisnis & Ekonomi Akhiri Masa Bakti Prof Djeki

JAKARTA - Setelah mengabdikan diri selama 40 tahun, guru besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Sri Redjeki Hartono pun mengakhiri masa tugasnya. Pengajar yang akrab disapa Prof Djeki ini menutup masa tugasnya dengan orasi bertajuk Evolusi Kajian Hukum Dagang Menjadi Hukum Bisnis dan Hukum Ekonomi.

Orasi purna tugas Prof Djeki dihadiri oleh Senat Universitas Diponegoro dan beberapa civitas academica Undip. Bahkan nampak pula hadir mantan Rektor Undip yang juga mantan Mentri Hukum dan Ham (Menkumham) Muladi.

Dalam orasinya, mantan Dosen dan anggota Senat Undip mengatakan, evolusi kajain terhadap Hukum Dagang sampai kajian Hukum Ekonomi adalah karena adanya suatu perubahan yang nyata terhadap rangkaian kegiatan manusia di bidang ekonomi. Karena, lanjutnya, berbagai faktor antara lain kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, perubahan masyarakat lokal, nasional, maupun internasional.

“Di sisi lain, dinamika ekonomi yang bergerak cepat merupakan suatu kegiatan komprehensif dan simultan yang mampu menciptakan gelombang keputusan serta berpengaruh secara global. Dalam konteks ini Pendekatan Hukum Dagang menjadi menjadi Hukum Bisnis yang bermuatan nilai Ekonomi sering menggunakan pendekatan makro,” kata Prof Djeki seperti, dilansir dari situs Undip, Selasa (22/5/2012).

Mantan Ketua Asosiasi Pengajar Hukum Dagang Indonesia ini menyebutkan, evolusi yang terjadi pada kajian hukum dagang juga terjadi secara alami karena faktor sejarah dan kebutuhan menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan bisnis personal, lokal, nasional, regional, dan internasional.

“Evolusi Hukum Dagang menjadi Hukum Bisnis dan Hukum Ekonomi didukung denagn pengembangan metoda pendekatan dalam analisisnya, yaitu menggunakan metoda pendekatan mikro menjadi dua metoda pendekatan dengan penggunaan yang bersamaan yaitu metoda pendekatan mikro dan metoda pendekatan makro,” ujar Mantan Anggota Dewan Pakar Departemen Kehakiman RI tersebut.

Sementara itu Rektor Undip Sudharto P Hadi dalam sambutannya mengatakan, Prof Djeki adalah seorang personal yang pintar menjalin hubungan baik dengan para koleganya. Hal ini terbukti dengan atmosfer audiens yang menghadiri pada acara tersebut.

"Meski sedang dalam kondisi libur panjang, Prof Djeki juga memiliki investasi keilmuan yang tidak terbatas, dengan terus metransferkan Ilmu-Ilmunya kepada anak didiknya sampai saat ini. Sebagai Dewan Pertimbangan Universitas yang baru Pasca Purna Tugas, Prof Djeki tetap akan selalu menjadi sinar bagi Undip melalui ide dan gagasan beliau," tutur Sudharto.(mrg)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pecandu Narkoba Tak Perlu Takut Melapor