Kelangkaan LPG 3 kg di Jabar meluas

|

illustrasi

Kelangkaan LPG 3 kg di Jabar meluas

Sindonews.com - Kelangkaan elpiji ukuran 3kg di Jawa Barat meluas. Sejumlah distributor yang berada di kabupaten dan kota mengaku semakin sulit mendapatkan pasokan elpiji ukuran 3 kg. Kelangkaan elpiji ini terjadi di Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung.

Di daerah tersebut, warga semakin kesulitan untuk mendapatkan elpiji 3 kg. Menurut para distributor elpiji di Majalengka, pasokan untuk ukuran 3 kg memang mengalami pengurangan. Hendri, pemilik pangkalan elpiji, mengaku bahwa pasokan tabung mengalami pengurangan hingga 50 persen - 80 persen.

“Sekitar sebulan lalu, kami mendapatkan kiriman sebanyak 400 buah tabung. Tapi sekarang, kami hanya diberi 100 tabung. Bahkan hari-hari tertentu hanya 50 tabung,” kata dia.

Kelangkaan elpiji juga terjadi di Kabupaten Bandung. Hampir seluruh kecamatan di daerah ini sulit mendapatkan elpiji. PT Al Masoem Grup, distributor elpiji 3 kg terbesar di Kabupaten Bandung, menilai kelangkaan terjadi karena PT Pertamina mengurangi pasokannya hingga 10-15 persen. “Tidak heran jika terjadi kelangkaan. Karena ada pengurangan,” kata Asep Dedi Suhendri, Humas Al Ma’soem Grup, kemarin.

Asep mengungkapkan, kelangkaan hanya terjadi pada elpiji ukuran 3 kg. Sementara untuk ukuran 12 kg dan 50 kg relatif stabil karena tidak ada pengurangan jatah. “Yang langka 3 kg, sementara yang ukuran 12 kg ke atas relatif aman distribusinya,” pungkas Asep.

Dari Kabupaten Bandung Barat, Bupati Bandung Barat meminta bantuan aparat kepolisian untuk menindak spekulan yang memanfaatkan kelangkaan ini. Sementara itu, Petugas Pengawas Barang dan Jasa (PPBJ) Dinas Koperasi, Perindusterian, Perdagangan dan Pasar (Diskoperindagsar) Kabupaten Sukabumi juga segera menelusuri penyebab terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 kg yang melanda hampir di 47 kecamatan.

Dalam kesempatan terpisah, General Manager Fuel Retail Marketing PT Pertamina Regional III Hasto Wibowo mengakui adanya pembatasan terhadap pasokan elpiji 3 kg di Jawa Barat karena permintaan di kawasan ini telah melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah.

Tindakan tersebut mempertimbangkan alokasi elpiji 3 kg untuk regional III meliputi DKI Jakarta, Jabar, Banten, dan Kalimantan Barat pada 2012 sebesar 1,41 juta matrik ton (MT). Atau setara dengan 471 juta tabung elpiji 3 kg. Sementara sampai triwulan I/2012, realisasi elpiji 3 kg sebesar 375 ribu MT.

“Apabila permintaan pada triwulan I dibiarkan, maka sampai akhir tahun estimasi realisasi diperkirakan bisa mencapai 1,5 juta MT. Ada kelebihan sekitar 90.000 MT dari alokasi yang di tetapkan pemerintah,” jelas Hasto Wibowo di Bandung kemarin.

Menurut dia, Jawa Barat memakan porsi konsumsi elpiji 3 kg sebesar 60 persen dibanding provinsi lainnya dalam satu region. (ank)

(hri)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • UMKM

      LPG 3 kg di Salatiga tembus Rp15.000/tabung

      Harga gas LPG ukuran 3 kilogram (kg) ditingkat pengecer di daerah Sidoerejo, Salatiga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Saat ini harga gas LPG tabung melon tersebut menembus Rp15 ribu per tabung.

    • UMKM

      Kuartal III, inflasi Jabar diperkirakan 1,5-2%

      Angka inflasi Jawa Barat (Jabar) pada bulan Juli, Agustus, dan September diperkirakan akan mencapai 1,5-2 persen. Peningkatan inflasi disebabkan terbitnya sejumlah kebijakan pemerintah serta kondisi ekonomi global.
       

    • UMKM

      Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat

      Sering digunakannya perairan Indonesia sebagai jalur perdagangan ekspor-impor, mengharuskan Indonesia memperkuat kekuatan maritimnya.

    • UMKM

      Semester I/2012, Bulog raup untung Rp111 M

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog, mencatat keuntungan pada semester I/2012 sebesar Rp111 miliar. Pencapaian tersebut lebih disebabkan setelah adanya rekonsiliasi dari Public Service Obligation (PSO).

    • UMKM

      Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat

      "Kalau Indonesia ingin kuat menjaga martabat sebagai bangsa yang kuat, berarti Indonesia harus kuat di bidang maritim maupun pertanian," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X.

    • UMKM

      Raskin ke-13 siap meluncur jelang Ramadan

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog siap salurkan beras untuk rumah tangga miskin (raskin) ke-13. Penyaluran itu akan dilakukan menunggu keputusan pemerintah. Kemungkinan, raskin tersebut akan disalurkan menjelang bulan Ramadan

    • UMKM

      Kulon Progo siapkan kota Satelit

      Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta menyiapkan tiga kecamatan sebagai kota satelit. Kota satelit disiapkan untuk merespon kebutuhan hunian terkait adanya megaproyek yang akan dibangun di daerah ini.

    • UMKM

      Stok beras aman hingga maret 2013

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog memastikan pasokan beras aman sampai dengan sembilan bulan kedepan (Maret 2013). Pasalnya, terhitung sampai dengan saat ini Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia di Bulog mencapai 468.000 ton.

    • UMKM

      Indeks kepercayaan konsumen RI kian melejit

      Tingkat kepercayaan konsumen Indonesia terus meningkat seiring dengan Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) naik sebesar 1,2 persen menjadi 92,4 dari sebelumnya 91,3.

    • UMKM

      Ramadan & Lebaran, Bulog jamin harga beras stabil

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog memastikan harga beras pada bulan Ramadan dan Lebaran akan bergerak stabil. Pasalnya, dilihat dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia di Bulog adalah sebesar 468 ribu ton.

    Baca Juga

    Ini Dia Lampu Natal Terbanyak Sedunia