Cara Mudah Dapat Beasiswa S-1

|

Image: corbis.com

Cara Mudah Dapat Beasiswa S-1

MENDAPAT beasiswa memang tidak selamanya mudah. Selain persyaratan yang sulit dipenuhi, proses seleksi pun sulit ditembus. Tetapi tahukah kamu, kesempatan beasiswa bertaburan di sekitarmu? Kita pun bisa dengan mudah mendapatkannnya.

Situs Info Beasiswa S1, Senin (28/5/2012) melansir, kamu perlu bersiap sejak awal masuk kuliah untuk mendapatkan beasiswa sarjana secara penuh. Terlebih, kamu bukan satu-satunya mahasiswa yang ingin kuliah gratis.

Langkah pertama adalah mengumpulkan informasi. Jangan malas mencari informasi beasiswa dari kampus incaranmu. Kamu bisa juga mengumpulkan berbagai informasi beasiswa yang diberikan oleh perusahaan atau yayasan yang bekerjasama dengan kampus-kampus di Tanah Air.

Kemudian, pastikan kamu memiliki nilai bagus dalam rapor SMA-mu. Hal ini penting karena beberapa kampus mensyaratkan nilai rata-rata minimal bagi kamu yang melamar beasiswa S-1. Buat kamu yang sedang menempuh studi di SMA, usahakan agar nilaimu bagus dan stabil sejak semester pertama kelas X hingga lulus.

Prestasi akademik di luar nilai rapor yang bagus juga dapat menjadi senjatamu mendapatkan beasiswa. Kamu bisa mengoleksi gelar juara dalam perlombaan mata pelajaran, mulai dari tingkat sekolah hingga nasional.

Setelah yakin prestasi akademikmu mampu menjadi modal dalam perburuan beasiswa, kamu perlu juga memerhatikan aspek nonakademis. Salah satunya, aktiflah berorganiasi. Keaktifanmu dalam sebuah organisasi akan meningkatkan kemampuan interpersonalmu sekaligus memberimu nilai lebih di mata pemberi beasiswa. Kamu bisa aktif di OSIS atau kelompok ekstrakurikuler di sekolah.

Koleksi prestasi nonakademis juga tidak kalah pentingnya. Kamu bisa menunjukkan keandalanmu dalam lomba-lomba olahraga, seni, debat, dan sebagainya. Sekali lagi, prestasi ini akan menjadi nilai tambah bagi dirimu di hadapan para pemberi beasiswa.

Satu poin penting lainnya yang diperhitungkan para pemberi mahasiswa adalah kemampuanmu berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Apalagi, kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan telah menjadi syarat untuk bergaul di era globalisasi ini. 

Nah, hal terakhir yang perlu kamu asah adalah kemampuanmu menghadapi wawancara. Sebab, wawancara adalah tahapan terakhir dalam proses seleksi beasiswa. Selain mengecek langsung kebenaran data yang kamu berikan, wawancara juga menjadi kesempatan bagi pemberi beasiswa untuk mengenali karaktermu.

Sukses, ya!

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Program Nawacita Jokowi Harus Didukung KIH dan KMP