2.575 Siswa Diterima di USU dan Unimed

Image: corbis.com

2.575 Siswa Diterima di USU dan Unimed
MEDAN - Sebanyak 2.575 siswa yang baru saja lulus sekolah diterima menjadi calon mahasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) melalui jalur undangan dan Bidik Misi.

Jumlah itu terdiri atas 1.526 orang yang tersebar di 47 program studi USU dan 1.049 orang di 38 program studi Unimed. Humas USU Bisru Hafi menyatakan, pengumuman kelulusan ini disampaikan bersamaan keluarnya hasil Ujian Nasional (UN) akhir pekan lalu. Sebab, para siswa yang mendaftarkan diri sebagai peserta jalur undangan dan bidik misi tidak hanya ditentukan oleh nilai rapor, namun juga UN. "Kalau ada yang terdaftar tetapi tidak lulus UN, maka secara otomatis gugur," ucap Bisru, di Medan, kemarin.

Setelah dinyatakan lulus, para calon mahasiswa itu diwajibkan melapor pada 12 Juni pukul 08.00 WIB untuk jurusan eksakta dan 13 Juni pukul 10.30 WIB untuk jurusan noneksakta. Lokasi pelaporan bertempat di Gelanggang Mahasiswa, Jalan Universitas Kampus USU, Medan. "Pelaporan tidak boleh diwakilkan. Untuk informasi dan syarat pelaporan dapat dilihat di www.usu.ac.id," tuturnya.

Untuk jalur ujian tulis, kata dia, hingga Sabtu, 26 Mei, jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) USU mencapai 18.684 orang. Jumlah ini terdiri atas jurusan IPA 7.298 pendaftar, IPS 5.158 pendaftar, dan IPC 6.228. "Diperkirakan dalam sepekan ini jumlah akan terus meningkat karena sudah diumumkan kelulusan UN siswa," ucapnya.

Untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah pendaftar, Panitia Lokal (Panlok) USU sudah mempersiapkan lokasi ujian di tiga sektor yang dapat menampung hingga 33.000 calon peserta. Ketiga sektor itu adalah sektor I IPC, yakni mengambil lokasi di FKG USU dengan 14 lokasi ujian; sektor II IPA berlokasi di Politeknik Medan dengan 16 lokasi; serta sektor III IPS yang mengambil lokasi di Perguruan Yaspendhar dengan menggunakan 13 lokasi.

Sementara itu, Humas Unimed Tappil Rambe mengatakan, siswa yang diterima diwajibkan melapor pada 12 Juni dan 13 Juni. Pendaftaran akan dilakukan di gedung serbaguna kampus tersebut. "Bagi yang tidak melakukan pendaftaran, maka dipastikan dinyatakan tidak lulus," ucapnya.

Tappil menjelaskan, dari 1.049 siswa yang dinyatakan lulus itu, 546 siswa mengikuti seleksi jalur undangan, dan 503 siswa jalur Bidik Misi. Khusus untuk program Bidik Misi, pihaknya akan menjaring siswa yang lulus jalur ujian tulis. "Sehingga merata, tidak hanya dari jalur undangan, tetapi juga ujian tulis," katanya.

Program Bidik Misi ini disediakan pemerintah untuk menampung anak-anak yang tidak mampu secara materil, namun berkualitas dalam segi akademik. Pemerintah memberikan beasiswa pendidikan hingga selesai kuliah kepada siswa berprestasi tersebut. "Tahun ini kuota kami bertambah menjadi 600 orang, naik dibanding tahun lalu yang hanya mendapat kuota 500 orang,"ucapnya. (suharmansyah/koran si) (rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    DPR Belum Terima Susunan Kabinet Jokowi