Ali Larijani Tetap Jadi Ketua DPR Iran

|

Foto : Ketua Parlemen Iran Ali Larijani (topnews)

Ali Larijani Tetap Jadi Ketua DPR Iran

TEHERAN - Salah seorang politisi yang cukup berpengaruh di Iran, Ali Larijani, kembali terpilih menjadi Ketua Parlemen Iran. Selama ini, Larijani juga dipandang sebagai salah seorang yang aktif mengkritik kebijakan Barat terhadap Iran.

Pemilihan Ketua Parlemen Iran dilakukan oleh 275 anggota parlemen. Sebanyak 175 anggota Parlemen Iran memilih Larijani, sementara itu 100 lainnya memilih Gholam Ali Haddad-Adel, pria yang sempat menjadi Ketua Parlemen Iran. Demikian, seperti diberitakan IRINN TV, Senin (28/5/2012).

Larijani dan Adel sering disebut sebagai politisi yang dekat dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei, namun Adel cenderung lebih moderat ketimbang Larijani. Larijani sendiri juga pernah mengkritisi kebijakan Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Selain aktif mengkritik Barat, pria yang sudah menjadi Ketua Parlemen Iran selama empat tahun itu juga sempat menjabat sebagai negosiator nuklir Iran pada 2007. Larijani juga berasal dari keluarga politisi, adik dan kakaknya menduduki posisi penting dalam pemerintahan Negeri Persia.

Pemilihan Ketua Parlemen Iran juga tidak luput dari kritik Human Right Watch (HRW). HRW menyebut pemilihan Ketua Parlemen itu tidak adil, karena para kandidat yang disetujui hanyalah kandidat konservatif yang mendukung Pemerintah Iran.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sekjen DPR Hanya Akui Pimpinan dari KMP