Jokowi Terima Penghargaan Tertib Lalu Lintas & Transportasi

|

Joko Widodo (Foto: Dok Okezone)

Jokowi Terima Penghargaan Tertib Lalu Lintas & Transportasi

JAKARTA - Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2011 dari Kementerian Perhubungan. WTN merupakan pelaksanaan lomba tertib lalu lintas dan transportasi di kabupaten/kota maupun provinsi.

"Sudah ke-18 kali pelaksanaan seperti ini. Terlihat peningkatan kepedulian Pemda terhadap sektor transportasi," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (29/5/2012).

Dia berharap, pemberian penghargaan WTN 2011 ini akan mendorong setiap Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pembinaaan di bidang transportasi dan tertib berlalu lintas. "Pada tahun ke depan kita akan mempertajam kualitas penilaiannya," imbuhnya.

Terkait penghargaan tersebut, Jokowi berharap, pihak terkait Solo tidak terlena. Calon Gubernur DKI Jakarta ini meminta mereka tetap konsisten dalam mengelola manajemen lalu lintas, manajemen transportasi. “Jangan sampai tahun pertama dan kedua baik, tahun ketiga tidak. Konsistensi itu yang diperlukan,” paparnya.

Dikatakan Jokowi, semua kota harus mempunyai grand design yang jelas, seperti di Solo yang memiliki konsep move people no car.

“Jadi menggerakkan masyarakatnya, bukan menggerakkan mobilnya atau kendaraannya. Yang diperkuat adalah misalnya city walk-nya, pedestriannya, jalur lambatnya untuk becak dan sepeda. Kemudian juga manajemen lalu lintasnya. Seperti di solo punya city room-nya yang bisa mengontrol seluruh titik yang ada di kota Solo,” ujarnya.

"Seluruh perempatan di solo sudah pakai town down. Kemudian setiap bus yang lewat diberi bus priority. Ini merupakan konsep manajemen yang terintegrasi,” imbuhnya.

(ded)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Pemilihan Daerah JKT

      Penahanan Sahroni Ditangguhkan, Peradi Apresiasi Polisi

      Pengurus Pusat Bantuan Hukum Perhimpunan Advokat Indonesia (PBH Peradi) mengapresiasi langkah Kapolsek Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat yang mengabulkan permohonan penangguhan penahan terhadap Sahroni, seorang pembantu rumah tangga yang dituduh melakukan pencurian uang dan cincin atas laporan majikannya.

    • Pemilihan Daerah JKT

      Banjir Surut, Jalan Jatinegara Barat Kembali Dibuka

      Jalan Jatinegara Barat yang sebelumnya ditutup akibat terendam air luapan Kali Ciliwung saat ini sudah mulai dibuka. Kendaraan roda dua maupun roda empat sudah dapat melewati jalan yang menghubungkan Kampung Melayu dan Matraman itu.

    Baca Juga

    JK Tak Setuju KPK Langsung Dirikan Tiga Cabang