DPRD Surakarta Evaluasi Dana Hibah untuk Keraton

Keraton Surakarta (foto: Joglosemar.co.id)

 DPRD Surakarta Evaluasi Dana Hibah untuk Keraton
SOLO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surakarta akan mengevaluasi pemberian dana hibah terhadap Keraton Kasunanan Surakarta yang selama ini diambil dari APBD. Alasannya, pihak keraton tidak mengambil dana hibah sejak 2010.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Surakarta, YF Soekasno, kepada para wartawan, di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (29/5/2012).

"Kita akan evaluasi, buat apa dianggarkan kalau ternyata tidak diambil," katanya.

Keraton Surakarta sudah duka kali tidak mengambil dana hibah, yakni pada 2010 dan 2011. Padahal dana yang bersumber dari APBD tersebut sudah dianggarkan.

Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan evaluasi pada anggaran 2013. Soekasno menyayangkan, anggaran sebesar Rp300 juta per tahun yang seharusnya bisa digunakan untuk operasional tidak dimanfaatkan.

"Kalau memang keraton sudah tidak membutuhkan, kami akan alihkan penggunaannya. Bisa untuk biaya pendidikan dan kesehatan, dan jangan sampai masuk silpa," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan meskipun DPRD akan mengevaluasi, pihaknya tetap akan mengajukan anggaran untuk keraton. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2011 tentang Cagar Budaya. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bantuan PBB untuk Suriah Tertahan Perang di Kobani