Pemkab Tulungagung Gagal Damaikan Banser-SHT

|

Ilustrasi

Pemkab Tulungagung Gagal Damaikan Banser-SHT

TULUNGAGUNG - Upaya Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, untuk mendamaikan Banser dengan perguruan silat Setia Hati Terate (SHT) gagal.

Dalam pertemuan yang digelar Rabu kemarin, pihak Banser tidak hadir. Akibatnya, tidak ada kesimpulan atau solusi yang bisa digunakan untuk memadamkan suasana yang sampai hari ini masih panas.

“Tidak ada kesimpulan apa pun. Sebab, para pihak yang berselisih tidak hadir,“ ujar Ketua MUI Cabang Tulungagung, Agus Hadi Muhammad Mahfud.

Pihak-pihak yang diundang Pemkab Tulungagung di antaranya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Perguruan Silat Setia Hati Terate (SHT), PCNU, Polres Tulungagung, Ansor, dan Banser.

Kecuali PCNU, Ansor, dan Banser, semua yang diundang hadir di ruang pertemuan Gedung Nana Wida Pemkab Tulungagung.

Pria yang akrab disapa Gus Hadi itu berharap kasus pembacokan dua anggota Banser serta perusakan lambang Nahdlatul Ulama (NU) di Desa Wonokromo, Kecamatan Gondang, tidak berlarut-larut.

Menurut dia, jika situasi tetap tidak kondusif, mantan Rois Syuriah PCNU Tulungagung itu meminta aparat berwenang membekukan organisasi yang menjadi biang permasalahan. Tidak terkecuali Banser, jika memang kegiataanya berpotensi menimbulkan masalah,Gus Hadi mengusulkan untuk dibekukan dulu.

“Sebab ini terkait dengan pemilihan kepala daerah yang sebentar lagi akan digelar di Tulungagung,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tulungagung, I Dewa Gede Juliana, meminta siap melarang organisasi yang bisa menimbulkan masalah. “Namun, pembekuan tersebut dalam batas waktu yang telah ditentukan,“ ujarnya.

Tiga orang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembacokan anggota Banser. Tidak tertutup kemungkinan jumlah tersangka akan bertambah.

Gede berharap pihak yang berselisih paham tidak melakukan gerakan sendiri. “Biar lah kami bekerja menuntaskan masalah ini,” ucapnya.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Selamat Hari Ibu..