Yosaka Jadi Outstanding Delegate di NuMUN

|

Ilustrasi : ist.

Yosaka Jadi Outstanding Delegate di NuMUN
JAKARTA - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Yosaka Eka Putranta berhak menyandang gelar Outstanding Delegate pada Nusantara Model United Nations (NuMUN) beberapa waktu lalu. Ajang berupa simulasi sidang PBB ini merupakan besutan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Dalam ajang tersebut Yosaka mewakili Russian Federation pada komite Dewan Keamanan (DK) PBB. Konferensi bertema "The Role of Information Technology in Reactionary Movements" membahas Information Technology (IT) dalam komite DK PBB.  IT merupakan bidang baru karena sebelumnya DK PBB hanya membahas mengenai perang, negosiasi, sanksi militer, dan sanksi ekonomi. Namun, untuk sebuah topik yang terhitung baru, Yosaka merasa para delegasi dalam komitenya cukup fasih dalam berdiplomasi.

"Jika diskusi ini diterapkan di dunia nyata, saya pikir akan sangat berat bagi para diplomat, karena harus mengurus IT yang belum memiliki dasar hukum yang jelas. Namun, ini memang isu yang penting, sebab IT kini digunakan untuk mengorganisasi demonstrasi besar-besaran yang berpengaruh pada keamanan nasional," kata Yosaka, seperti dilansir dari situs ITB, Sabtu (2/6/2012).

Mahasiswa Teknik Perminyakan ini menyebutkan, penampilan para delegasi dalam NuMUN patut diacungi jempol. Pasalnya, lanjut Yosaka, para delegasi mampu hadir dengan solusi yang realistis. Misalnya memberi rekomendasi ke badan-badan yang lebih relevan untuk mempercepat proses pengkajian, yakni United Nations Office of Drugs and Crime (UNODC), United Nations Congress on Crime Prevention and Criminal Justice, serta Council of Europe of the European Union, melalui konvensi-konvensi terkait cyber-crime dan cyber-security.

"Jika DK PBB memutuskan membuat sendiri dasar hukum cyber-crime, hal ini berisiko menurunkan kredibilitas DK PBB, karena dianggap tidak merepresentasikan kepentingan beberapa negara," ujar mahasiswa yang juga merupakan anggota aktif unit debat Student English Forum (SEF) ITB tersebut.(mrg) (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Lolos dari KPK, Belum Jaminan Menteri Jokowi Bersih