Jangan Percaya SMS Atas Nama Kampus

Ilustrasi : Corbis

Jangan Percaya SMS Atas Nama Kampus
JAKARTA - Penipuan mengatasnamakan kampus kembali terjadi. Kali ini, kasus tersebut menimpa sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Penipuan lewat pesan singkat atau SMS serta lewat jejaring sosial ini memberitahukan adanya seminar yang dihelat pihak kampus.

Pihak Humas Unesa menegaskan agar para mahasiswa tidak percaya dengan undangan dari nomor telepon genggam tidak dikenal untuk mengikuti kegiatan seminar, presentasi, atau apa pun tanpa dari sumber resmi. Sebab, banyak mahasiswa Unesa yang melapor ke Humas Unesa atas penipuan SMS atau facebook. Padahal, SMS itu tidak pernah diberikan dari pihak kampus. Demikian seperti disitat dari laman Unesa, Sabtu (2/6/2012).

Modus penipuan ini berupa SMS yang mengatasnamakan pejabat Unesa atau Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Isi SMS tersebut menunjuk yang bersangkutan untuk mengikuti seminar di Bali dengan biaya dibayarkan lebih dahulu ke nomor rekening penipu dengan alasan, sesampai di lokasi, biaya akan diganti oleh panitia. Jika korban langsung menghubungi nomor HP penipu, dapat dipastikan korban akan termakan bujuk rayu. Ujung-ujungnya, korban tidak berdaya dan langsung mentransfer uang yang dimaksud. "Hati-hati, Unesa tidak pernah menyuruh mahasiswa seminar melalui SMS!" ujar Humas Unesa.

Jika ada SMS yang dimaksud, mahasiswa dapat segera meluncur ke kampus untuk mencari informasi yang benar ke sekretaris Pembantu Rektor (PR) III atau bagian kemahasiswaan. "Jangan menghubungi balik nomor pengirim SMS. Mahasiswa dapat menghubungi sekretaris PR III, Humas, dan bagian kemahasiswaan," imbuhnya.(mrg) (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mayat dengan Tubuh Hancur Gegerkan Warga