Kampus-Kampus Elite Baru di Dunia

|

Pohang University of Science and Technology, Pohang, Korea Selatan (foto: Forbes)

Kampus-Kampus Elite Baru di Dunia

SELAMA delapan tahun terakhir, majalah pendidikan tinggi berbasis di London, Times Higher Education (THE), telah membuat pemeringkatan perguruan tinggi yang menjadi acuan dunia. Setiap tahun, THE pun makin ambisius dalam pemeringkatan tersebut dan memperbanyak peringkatnya dari 200 kampus menjadi 400 kampus tahun lalu.

THE kini hadir lagi dengan daftar baru, 100 sekolah di dunia yang berusia 50 tahun atau kurang. Menurut editor pemeringkatan THE Phil Baty, majalahnya ingin memberi penekanan kampus baru mana saja yang menunjukkan peringkat baik. Daftar ini sekaligus mendemonstrasikan bahwa kampus-kampus tua di Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang biasanya mendominasi pemeringkatan pendidikan tinggi dunia mulai kehilangan taringnya.

"Warisan tradisional kampus-kampus tersebut tidak memonopoli kesempurnaan. Banyak kampus baru yang menantang mereka dengan keberadaan mahasiswa dan kegiatan akademik terbaik," kata Baty, seperti dilansir Forbes, Minggu (3/6/2012).

Hanya sembilan kampus AS masuk dalam daftar kampus berusia 50 tahun atau kurang. Inggris lebih baik dengan menempatkan 20 kampusnya, paling banyak di antara negara lainnya. Baty menilai, kampus-kampus baru di kawasan teluk dan Asia merepresentasikan tantangan bagi AS dan Inggris. Daftar ini dihuni 30 negara termasuk Kanada, Prancis, Irlandia, Brazil, Malaysia, Turki, Mesir, dan Arab Saudi

Dalam pemeringkatan ini, THE tidak menggunakan indikator persyaratan masuk, tingkat kelulusan, peringkat dosen menurut para mahasiswa, ataupun gaji para lulusannya. Daftar ini justru menekankan beasiswa dan reputasi global. THE mengumpulkan data seperti berapa kali sekolah tersebut disitat dalam riset, serta volume, pemasukan, dan reputasi riset tersebut. Pemeringkatan ini juga melihat berapa banyak gelar akademik yang diberikan kepada para mahasiswa dan staf mereka serta penilaian pengajaran seperti rasio pengajar dan mahasiswa, dan survei tentang reputasi para pengajar di tiap-tiap kampus. 

Baty memaparkan, yang membedakan daftar ini dengan pemeringkatan kampus dunia versi THE adalah ia dikalibrasi untuk memberikan bobot yang lebih rendah dalam hal prestise. Dengan begitu, kemungkinan kampus-kampus baru yang belum terkenal untuk muncul dalam pemeringkatan pun lebih besar. Dari total 100 kampus dalam daftar ini, 19 di antaranya masuk dalam daftar 200 kampus top dunia. Prestasi ini merupakan peneguhan bahwa mereka adalah kompetitor bagi kampus-kampus elite lainnya di dunia. 

"Hal ini menunjukkan bahwa dunia memang berubah dan banyak negara siap berinvestasi lebih banyak dalam pendidikan tinggi," imbuhnya. 

Berikut 10 besar kampus elite berusia 50 tahun atau kurang versi THE:

1. Pohang University of Science and Technology, Pohang, Korea Selatan

2. École Polytechnique Fédérale de Lausanne, Lausanne, Swiss

3. Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong

4. University of California, Irvine, California, AS

5. Korea Advanced Institute of Science and Technology,

Daejeon, Korea Selatan

6. Université Pierre et Marie Curie, Paris, Prancis

7. University of California, Santa Cruz, California, AS

8. University of York, Inggris

9. Lancaster University, Inggris

10. University of East Anglia, Norwich, Inggris.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penghina Jokowi Sudah Tanda Tangani Surat Penangguhan Penahanan