Oposisi Suriah Culik 11 Warga Lebanon

|

Foto: Orange

Oposisi Suriah Culik 11 Warga Lebanon
BEIRUT - Kelompok oposisi Suriah menyatakan, pihaknya saat ini menahan 11 orang warga Lebanon yang mereka culik saat hendak memasuki Suriah tanpa izin. Lima di antara warga Lebanon itu diketahui sebagai anggota Hizbullah.

Kelompok Hizbullah sampai saat ini diketahui amat mendukung Pemerintahan Suriah yang dipimpin oleh Presiden Bashar al-Assad. Kelompok oposisi menahan mereka setelah memasuki wilayah Suriah 22 Mei lalu. Demikian diberitakan Associated Press, Jumat (1/6/2012).

Mereka ditahan setelah menyeberang ke Suriah melalui wilayah Turki. Sementara kelompok oposisi Suriah di Aleppo memastikan kondisi para sandera saat ini dalam keadaan baik.

Televisi Al Jazeera menunjukkan foto dari para warga Lebanon yang ditahan itu. Tetapi tidak dijelaskan apakah foto itu asli atau tidak.

Sementara kelompok oposisi yang menculik warga Lebanon ini, menuntut agar pemimpin Hizbullah Syekh Hassan Nasrallah untuk meminta maaf karena tidak mau melepaskan dukungannya kepada Pemerintahan Assad. 

Kelompok oposisi hingga saat ini masih terus berjuang agar Presiden Assad lengser dari kekuasaannya. Peristiwa pembantaian di Kota Houla makin membuat kelompok oposisi memperkuat serangan mereka kepada Assad.

Namun, Pemerintahan Assad terus melakukan tekanan terhadap pihak oposisi. Assad juga menuduh kelompok oposisi berada di balik serangan di Houla yang menewaskan 108 jiwa. Tuduhan Pemerintahan Assad ini kontradiktif dari pengakuan warga yang melihat milisi Shabiha berada di balik serangan itu.

Milisi Shabiha selama ini dikenal sebagai kelompok bersenjata yang bekerja atas perintah Assad. Milisi ini tidak terkait dengan militer Suriah.
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Roda Pemerintahan Tetap Jalan Tanpa Kabinet