Ratu Inggris Rayakan Jubilee, Obama Beri Selamat

|

Presiden Barack Obama (Foto: AP)

Ratu Inggris Rayakan Jubilee, Obama Beri Selamat

WASHINGTON - Perayaan 60 tahun bertahtanya Ratu Inggris Elizabeth II -biasa disebut Diamond Jubilee- disambut meriah di Inggris dan negara persemakmuran. Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama juga tidak ketinggalan memperhatikan peringatan ini.

Lewat pesan video yang dikirim kepada Ratu Elizabeth, Presiden Obama mengucapkan, "semoga cahaya dari mahkota Ratu, akan terus bersinar". Ini merupakan bentuk penghargaan Obama bagi Ratu yang mempertahankan kekuasaan monarkinya selama 60 tahun terakhir.

"Yang Mulia, dalam peristiwa bersejarah ini, Michelle (istri Obama) dan Saya mengucapkan selamat dari rakyat Amerika Serikat (AS) kepada rakyat Inggris dan anggota negara persemakmuran," pernyataan Obama, seperti dikutip Yahoo News, Rabu (6/6/2012). 

"Amerika dan Inggris sejak dulu selalu saling menjaga hubungan khusus, baik dalam waktu perang maupun di saat damai," imbuhnya.

Obama pun memuji kekuasaan Ratu yang berjalan panjang. "Di saat banyak presiden dan perdana menteri datang dan pergi, tahta Yang Mulia terus bertahan".

Ucapan Obama yang disampaikan langsung olehnya ini menunjukkan penghargaan dari AS terhadap Ratu Inggris. Sebelumnya, pada peringatan emas tahta Ratu Elizabeth di 2002 silam, AS hanya memberikan selamat melalui pihak juru bicara Gedung Putih Ari Fleischer. 

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mensos: Toleransi Harus Digaungkan!