Nyabu, Mantan Pilot Lion Air Dituntut 1,5 Tahun Bui

|

Ilustrasi Palu hakim (Foto: Ist)

Nyabu, Mantan Pilot Lion Air Dituntut 1,5 Tahun Bui
SURABAYA- Mantan pilot maskapai penerbangan Lion Air, Saiful Salam (45), dituntut 1,5 tahun penjara dalam kasus penggunaan sabu saat berada di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Surabaya I Wayan Oja menyakini, Saiful bersalah dan melanggar pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotik.

“Kami menuntut hakim untuk menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan hukuman 1 tahun enam bulan,” kata Ojan di Pengadilan Negeri Surabaya Jalan Arjuno, Surabaya, Rabu (6/6/2012).

Dalam tuntutan tersebut, jaksa menggunakan pertimbangan hasil tes urine terdakwa yang menunjukkan positif konsumsi sabu-sabu.

Dari dua pasal yang digunakan, yakni Pasal 112 dan Pasal 127 UU Narkotika,  JPU menggunakan pasal kedua (Subsidair) sebagai dasar tuntutan.

Atas tuntutan itu, terdakwa menyatakan akan mengajukan pembelaan atau Pledoi. Nota pembelaan akan disampaikan pada sidang selanjutnya yang digelar minggu depan.

“Kami akan mengajukan pembelaan Bapak Hakim,” kata Syaiful kepada majelis hakim.

Seperti diberitakan sebelumnya, penangkapan Saiful bermula dari pengintaian yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Saiful ditangkap di Garden Palace Hotel, Jalan Yos Sudarso pada Sabtu 4 Februari silam.

Saat digrebek, BNN menemukan Saiful sedang mengonsumsi sabu-sabu dan menyita sabu seberat 0,9 gram dari Saiful. Sedangkan dari hasil tes urine, sang Pilot positif menggunakan barang haram itu. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Calon Menteri Kompak Pakai Kemeja Putih Pemberian Jokowi