Penyelundupan senpi dari Filipina berhasil digagalkan

|

Ilustrasi (dok:Istimewa)

Penyelundupan senpi dari Filipina berhasil digagalkan

Sindonews.com - Upaya penyelundupan senjata api dan air softgun dari Philipina ke Indonesia melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya, berhasil digagalkan petugas Bea dan Cukai Juanda, Surabaya.

Modus penyelundupan ini tergolong baru, yakni dimasukkan ke dalam CPU computer dan jaket yang terbungkus dalam paket barang. Penyelundupan itu dilakukan pada Kamis 7 Juni 2012 siang, melalui terminal kedatangan penumpang Bandara Juanda.

Dari penangkapan itu, petugas berhasil menyita dua unit senjata api dalam kondisi terurai, berikut peralatan senjata api dan magazine, serta lebih dari lima unit senjata jenis air softgan senilai lebih dari Rp100 juta. Paket itu ditunjukkan kepada seseorang di Surabaya.

 

Upaya penyelundupan senjata api dan air softgan ini terungkap berkat kejelian petugas bagian x-ray yang mendeteksi seluruh barang kiriman dari luar negeri.

 

Untuk pengembangan lebih lanjut, seluruh barang sitaan hasil penyelundupan diserahkan ke Polda Jatim untuk dilakukan penyelidikan dan mencari tahu siapa pengirim serta penerima barang tersebut.

Sementara itu, terkait maraknya upaya penyelundupan senjata api dan air softgan dari luar negeri, kini kantor Bea dan Cukai Juanda makin mengoptimalkan pemeriksaan barang paket kiriman dari luar negeri. Hal itu dilakukan dengan menambah personil petugas dan peralatan x-ray. (san)

 

(hri)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ruhut Sebut Pasek Sudah Dipecat dari Demokrat