Nafsiah Mboi Dinilai Pantas Jadi Menkes

Sabtu, 09 Juni 2012 06:03 wib | Rizka Diputra - Okezone

Ilustrasi (Okezone) Ilustrasi (Okezone) JAKARTA - Nama Nafsiah Mboi belakangan santer disebut-sebut bakal mengisi jabatan Menteri Kesehatan (Menkes) yang ditinggalkan almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan dikabarkan telah membuka komunikasi dengan Nafsiah. Lantas, siapakah Nafsiah Mboi?

Wakil Ketua Komisi IX, Nova Riyanti Yusuf mengaku belum mendengar informasi perihal siapa pengganti Endang yang akan ditunjuk Istana untuk menduduki posisi Menkes. Namun, Nova mengaku tidak asing dengan nama Nafsiah Mboi yang dinilainya cukup kompeten menjabat posisi Menkes.

"Kalau secara pribadi dia adalah orang yang peduli dengan para penderita AIDS. Dia aktif sekali memobilisasi diskusi-diskusi tentang penyakit AIDS ini," ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nova Riyanti Yusuf kepada Okezone, Jumat (8/6/2012) malam.

Nova mengaku mengetahui betul kompetensi Nafsiah di bidang kesehatan. Posisi Menkes dinilai cukup ideal dan kemampuannya tidak perlu diragukan.

"Rasanya kalau melihat kepedulian beliau, kompetensi dia tidak meragukan. Record beliau yang terus memperjuangkan isu-isu kesehatan, terutama AIDS dan juga kemampuan jejaring sosial, merangkul banyak pihak untuk perjuangkan hak-hak penderita AIDS," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Dr Nafsiah Mboi SpA, MPH lahir di Sengkang, Sulawesi Selatan, pada 14 Juli 1940. Dokter spesialis anak yang mendapat gelar MPH di Belgia ini aktif di bidang HAM dan pernah menjadi ketua komite hak-hak anak untuk PBB.

Di bidang pemerintahan, ia pernah menjadi anggota MPR RI (1982-1987). Dia juga menjabat sebagai Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia, dan sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas Perempuan. (put)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »