Selamat Ujian, Peserta SNMPTN!

|

Suasana ujian tulis SNMPTN (Foto: dok. Unpad)

Selamat Ujian, Peserta SNMPTN!

JAKARTA - Pagi ini, 618.804 lulusan SMA/sederajat akan bertarung memperebutkan kursi perguruan tinggi negeri (PTN) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Para peserta SNMPTN tersebut akan bersaing mendapatkan satu dari 164.697 kursi PTN yang disediakan oleh 61 PTN se-Nusantara.

Kesempatan para peserta Ujian Tulis SNMPTN tahun ini bertambah dengan disediakannya sekira 16.500 kursi tambahan oleh seluruh PTN di Tanah Air. Penambahan ini diterapkan mengingat pendaftar Ujian Tulis SNMPTN tahun ini meningkat 14 persen dibandingkan tahun lalu.

Pada hari pertama ini, Selasa (12/6/2012), peserta Ujian Tulis SNMPTN akan mengerjakan soal ujian Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi (TBS). TPA diujikan sejak 2009. Ia akan mengukur bakat dan kemampuan peserta ujian di bidang keilmuan (akademik) yang menunjukkan kemampuan berkomunikasi dan bernalar siswa tersebut. Dalam satu sesi tes, peserta ujian akan mengerjakan empat jenis soal, yaitu tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.

Siangnya, kemampuan peserta dalam pengetahuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris akan diuji.

Panitia SNMPTN sendiri masih merahasiakan berapa tipe soal yang akan mereka berikan kepada siswa. Dalam konferensi pers SNMPTN di Gedung Kemendikbud semalam, Ketua Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka enggan berkomentar tentang spekulasi tipe soal SNMPTN. Dia memastikan, tipe soal yang dipakai pada SNMPTN kali ini lebih dari satu.

"Kami tidak akan memberitahu ada berapa jenis variasi soal. Ini untuk mencegah timbulnya joki tiap bidang soal tertentu," ujar Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Berkas Dua Guru JIS Siap Dilimpahkan ke Kejaksaan