Perangkat Desa Kalbar Belajar Pertanian di IPB

Ilustrasi : ist.

Perangkat Desa Kalbar Belajar Pertanian di IPB
JAKARTA - Sebagai salah satu perguruan tinggi yang berkonsenterasi pada bidang studi pertanian, tidak heran banyak pihak yang ingin melihat lebih dekat proses pembelajaran di Institut Pertanian Bogor (IPB). Hal ini pula yang membuat para perangkat desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) Kecamatan Balai Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat rela menyebrangi pulau untuk belajar tentang ilmu pertanian.

Ketua rombongan yang juga Camat Balai Fransiscus Marinus mengatakan, mereka mengenal IPB sebagai lembaga yang mencetak para ahli di bidang pertanian. Maka, kedatangan mereka ke IPB untuk mengetahui dan melihat sendiri apa yang dilakukan IPB. "Di wilayah kami hamparan sawah masih sangat luas. Begitu juga dengan tanaman karet. Kami ingin dua potensi alam yang kami miliki ini dapat terus dipertahankan sekaligus  dikembangkan, mengingat ancaman kelestarian sewaktu-waktu pasti datang,” kata Fransiscus, seperti dinukil dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (12/6/2012).
 
Maka, pada kesempatan ini para pakar di bidang padi dan tanaman karet dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB pun berbagi pengalaman mereka. Di antaranya Ade Wachjar, Supijatno, dan Sugiyanta.
 
Sementara itu Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat IPB Prastowo menyebutkan, terdapat empat prinsip dasar kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yaitu berbasis inovasi, bertumpu pada keunggulan lokal, jaminan keberlanjutan, dan mengembangkan model untuk siap direplikasi. “Jika ke depan kehadiran IPB diperlukan di tengah-tengah masyarakat Balai, kami siap,” tandasnya.

Tidak hanya berbagi ilmu dan informasi, rombongan ini pun diantar untuk melihat lebih dekat. Mereka diajak mengunjungi kebun karet Cikabayan dan padi sawah organik Kampung Sawah Baru.(mrg) (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertemuan Gagal, Hong Kong Masih Panas