LPM Unpatti Tawarkan 3 Pola Genjot Potensi Banda Neira

|

Foto : Banda Neira/banda-naira.blogspot.com

LPM Unpatti Tawarkan 3 Pola Genjot Potensi Banda Neira

JAKARTA - Indonesia menyimpan keindahan wisata bahari yang luar biasa. Namun, masih banyak yang belum diketahui oleh turis lokal maupun internasional karena kurangnya promosi maupun peran pemerintah daerah untuk menunjang daerah wisata tersebut. Salah satunya, Banda Neira.

Banda Neira merupakan daerah dengan gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Kabupaten Maluku Utara. Di daerah ini terdapat potensi pariwisata laut yang sangat menakjubkan. Namun sayang, objek wisata di Banda Neira tidak banyak dikenal oleh wisatawan karena lambannya pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh aparat birokrat yang bersangkutan.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Dosen Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Usman Thalib dalam promosi doktornya pada Program Studi Administrasi Publik, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM). Usman menjelaskan, ada tiga hal penting yang menjadi kebutuhan dalam pengembangan destinasi pariwisata Banda Neira.

"Tiga hal tersebut adalah sarana transportasi dari dan ke Bandar Neira, pemasaran dan promosi objek-objek wisata, serta kerjasama dalam rangka menarik investor. Akibat lambannya para pembuat kebijakan dalam mengambil keputusan terhadap kebutuhan itu, pengembangan pariwisata Bandar Neira tidak nampak," papar Usman, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (13/6/2012).

Kepala LPM Unpatti ini menambahkan, kebijakan mengikutkan Banda Neira dalam beberapa pameran dan gebyar wisata di sejumlah kota dalam dan luar negeri sama sekali tidak berdampak pada jumlah wisatawan yang datang. "Begitupun dengan Lomba Perahu Belang yang menjadi agenda tahunan ternyata juga tidak mampu menarik wisatawan datang," katanya.

Hal yang paling penting diperhatikan, lanjutnya, adalah infrastruktur sarana transportasi yang mesti digenjot. "Di samping itu perlu dipikirkan pula model-model pengembangan pariwisata Banda Neira agar menjadi salah satu destinasi pariwisata yang ramai dikunjungi," tutur Usman.(mrg)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    KIH Ngambek karena Tak Dapat Jatah "Kue"