Ratusan Calon Mahasiswa Jalur Undangan Gugur

|

Ilustrasi : Unnes

Ratusan Calon Mahasiswa Jalur Undangan Gugur
SEMARANG – Sedikitnya 253 calon mahasiswa baru yang diterima melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dianggap gugur.

Para calon mahasiswa baru itu dicoret dari total kursi mahasiswa baru sebanyak 1.863 orang di Unnes melalui SNMPTN jalur undangan. Alasannya, mereka tidak mengikuti jadwal lapor diri yang digelar 12–13 Juni 2012.

Kepala UPT Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo mengatakan, dari total mahasiswa baru yang diterima melalui jalur tersebut, hanya 1.610 orang yang mengikuti jadwal lapor diri. “Yang tidak mengikuti atau tidak datang sudah pasti dicoret,” ungkap Sucipto, kemarin.

Untuk Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dari total calon mahasiswa yang diterima sebanyak 504 orang,. Sejumlah 435 hadir dan gugur 69 orang. Di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan total diterima 588 calon mahasiswa, hanya 530 pelajar yang lapor diri.

“Sementara untuk Fakultas Ekonomi dari total yang diterima 547 calon mahasiswa. Namun, 65 orang tidak hadir. Dan yang terakhir, Fakultas Hukum menyediakan kursi sebanyak 224,  namun yang hadir hanya 159 calon mahasiswa,” katanya.

Sementara untuk program studi (prodi) di Unnes, lanjut dia, Prodi Kependidikan masih menjadi pilihan para pendaftar. “Yang kependidikan peminatnya sangat tinggi. Ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, prodi non kependidikan juga terus kami dorong agar peminatnya juga bertambah," tukasnya.

Menurut Sucipto, diminatinya Prodi Kependidikan karena kebutuhan guru di lapangan masih sangat tinggi. Maka, animo pendaftar untuk masuk prodi-prodi kependidikan sangat besar.“Hampir rata-rata daerah di Indonesia memang masih kekurangan tenaga guru,” imbuhnya.

Dia mencontohkan, tahun ini tersedia 150 kursi untuk Program Pendidikan Bahasa Inggris, sedangkan sastra Inggris kurang dari separuhnya, yakni 70 kursi. Demikian pula untuk program Pendidikan Matematika memiliki daya tampung 200 orang sedangkan Matematika murni hanya 80 orang.

Sementara itu, Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin menginformasikan, pada SNMPTN jalur ujian tulis, jumlah pendaftar tahun ini yang memilih Unnes lebih banyak dibandingkan 2011.

Di lain pihak, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebanyak 152 kursi untuk SNMPTN S-1 jalur undangan serta penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) D-3 atau D-4 tidak terisi. Dari total 1.029 calon mahasiswa yang diterima pada jalur undangan dan 480 orang dari jalur PMDK, ada 90 kursi S-1 dan sebanyak 62 kursi pada program diploma yang diabaikan. “Yang tidak terisi itu akan dialokasikan ke jalur tulis S-1 dan D3 gelombang kedua,” kata Rektor UNS Surakarta, Ravik Karsidi. (susilo himawan/ siti estuningsih)(mrg) (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Seorang Pria Tewas Bersimbah Darah di Cengkareng