KPK Tahan 2 Tersangka Korupsi

|

Ilustrasi

KPK Tahan 2 Tersangka Korupsi

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjebloskan dua tersangka korupsi ke Rutan Cipinang, Jakarta Timur, untuk masa penahanan 20 hari.

 

Kedua orang yang ditahan, yakni Direktur Pemberdayaan Keuangan PT Barata Mahyuddin Harahap, tersangka penjualan tanah, dan pejabat pembuat komitmen Kementerian ESDM, Kosasih.  

 

Berdasarkan data KPK, Kosasih ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengadaan atau pemasangan pembangkit listrik tenaga surya berupa solar home system (SHS) di Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi (LPE) Kementerian ESDM.

 

"Hari ini KPK melakukan penahanan terhadap tersangka atas nama MH. Yang bersangkutan disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU Tipikor," ungkap Juru Bicara KPK, Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (15/6/2012).

 

Menurut Johan, dalam kasus penjualan tanah milik PT Barata seluas 58.700 m2 di Surabaya, negara mengalami kerugian keuangan Rp21 miliar. "Saat ini KPK menyita aset berupa tanah di Jalan Ngadol 109 Wonokromo, Surabaya," lanjutnya. 

 

Sedangkan dalam kasus PLTS, kerugian keuangan ditaksir mencapai Rp144 miliar. Tersangka Kosasih, diduga ikut menerima uang suap Rp9 miliar bersama tersangka lainya. Keduanya resmi ditahan hari ini hingga masa penahanan 20 hari ke depan.

 

“Untuk 20 hari ke depan, kami lakukan penahanan di sana (Cipinang)  kepada keduanya,” katanya.

(abe)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Tangkap 4 Orang Terduga Teroris di Solo