Putin: Barat Sebaiknya Tidak Bangun Perisai Misil

|

Foto : Presiden Rusia Vladimir Putin (Telegraph)

Putin: Barat Sebaiknya Tidak Bangun Perisai Misil
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin berkomentar mengenai isu sistem pertahanan misil Eropa yang digagas Amerika Serikat (AS). Putin meminta AS agar merevisi kebijakan itu dan tidak membangun perisai misil yang dinilai mengancam Rusia.

"Kami memantau dan memberikan respons terhadap rencana ini. Tentu saja, mitra kami (AS dan Eropa) seharusnya tidak perlu membangun perisai misil karena tindakan ini akan mengundang respons dari kami," ujar Putin, seperti dikutip RIA Novosti, Sabtu (16/6/2012).

Mantan pejabat intelijen Rusia itu mengingatkan kembali tentang bahaya dari perlombaan persenjataan yang akan muncul lewat pembangunan sistem pertahanan misil itu. Putin pun membahas pertahanan nasional Rusia, bersamaan dengan isu perisai misil Eropa itu.

"Kami harus mengimplementasikan sistem pertahanan nasional secara tegas dalam waktu yang tepat, dengan kualitas yang masuk akal. Bila kami melakukan hal itu, Rusia tidak akan terancam," tegasnya.

Sejauh ini, Negeri Beruang Merah selalu memandang sistem pertahanan misil Eropa sebagai sebuah senjata yang mengancam fasilitas nuklirnya. Putin maupun Perdana Menteri Dmitry Medvedev menilai, sistem pertahanan itu lambat laun akan menjadi senjata yang mematikan.

Namun North Atlantic Treaty Organization (NATO) dan juga AS mengatakan, sistem pertahanan misil itu tidak akan mengancam Rusia. Kedua pihak itu berupaya keras meyakinkan Rusia bahwa senjata-senjata yang mereka miliki ditujukan untuk Iran atau Korea Utara. (AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Harus Melindungi WNI di Luar Negeri