Polisi Amankan Ribuan Kosmetik Tanpa Izin Edar

|

Kosmetik ilegal yang disita petugas (Foto: Nurul A/okezone)

Polisi Amankan Ribuan Kosmetik Tanpa Izin Edar
SURABAYA- Unit Pidana Ekonomi (Pitdek) Satreskrim Polrestabes Surabaya mengungkap peredaran kosmetik tanpa disertai izin edar alias Illegal. Ribuan kosmetik itu disita dari tangan Jony Christian (41) warga Jalan Darmo Indah, Surabaya.

Informasi di lapangan, penangkapan Jony bermula dari informasi mengenai perdagangan kosmetik tanpa izin edar yang diduga palsu oleh tersangka. Kemudian Polisi melakukan penyelidikkan dan selanjutnya diamankan tersangka.

"Saat dilakukan penggeledahan di rumah tersangka, ditemukan ribuan kosmetik tanpa izin edar dan diduga palsu," kata Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Suparti di Mapolrestabes Surabaya, Jalan Taman Sikatan I, Jumat (15/6/2012).

Petugas mengamankan barang bukti kosmetik berupa dua kardus merek Pond's  Moisturise color Fix Lipstik, satu kardus Xi Xiu Nail Polish, satu kardus Xi Xiu Fashiun Eye Line Real Lasting, dua kardus Pond’s White Beauty TM UV Whitening Two Way Cake, serta puluhan kardus dengan berbagai merek lainnya.

Atas perbuatannya itu, Jony dijerat dengan Pasal 197 Undang-undang nomor 36/2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman 15 Tahun dan denda Rp1,5 Milliar.

Kepada petugas, tersangka mengaku menjalani bisnis ini sudah 10 bulan. Dari penjualan itu, tersangkan mendapatkan untung sekira 15 Persen. Kosmetik milik Jony ini memang lebih murah dibanding harga di pasaran.

Sementara itu, wilayah penjualannya meliputi Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya. Jony mengaku barang-barang ini didapat dari seorang distributor di Jakarta.

“Saya menjualnya dengan harga cash. Ada yang saya jual Rp 50 ribu per paket, ada juga Rp100-an, tergantung jenis barang yang diminta pembeli. Tiap hari rata-rata saya untung sekira 15 persen,” katanya kepada penyidik. (kem)

foto & video lainnya

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cinky, Anak Yatim Peraih IPK Sempurna (1)