Jadi Staf Khusus Presiden, Dekan FE UI Mundur

|

Dekan FE UI Firmanzah (ist.)

Jadi Staf Khusus Presiden, Dekan FE UI Mundur

JAKARTA –  Setelah mendapat tugas sebagai staf khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di bidang ekonomi, Firmanzah mundur dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI).

"Saya sudah mengajukan pengunduran diri ke Universitas Indonesia untuk posisi dekan," ujar Firmanzah.

Firmanzah telah menjalankan tugas sebagai staf ahli Presiden SBY selama beberapa hari. Meski telah diangkat sebagai staf khusus, dia mengaku belum mendapat salinan keppres pengangkatan dirinya sebagai staf khusus Presiden.

Lebih lanjut Firmanzah bertutur, staf khusus Presiden merupakan dunia yang baru baginya. "Ini sebuah dunia baru karena selama ini besar di kampus. Sekarang saya mendampingi Presiden," pungkasnya.

Selama mendampingi Presiden, Firmanzah akan memberikan masukan dan data tentang perekonomian di dalam maupun luar negeri. Dengan pengangkatan Firmanzah sebagai staf khusus bidang ekonomi, saat ini jumlah staf khusus Presiden berjumlah 10 orang. Staf khusus yang sebelumnya telah berkantor di Kompleks Istana Kepresidenan adalah Staf Khusus Bidang Luar Negeri Teuku Faizasyah, Staf Khusus Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparingga, dan Staf Khusus Bidang Komunikasi Sosial Sardan Marbun. Kemudian Staf Khusus Bidang Publikasi Ahmad Yani Basuki, Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah Velix Wanggai, Staf Khusus Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief, Staf Khusus Bidang Energi dan Pangan Jusuf, Staf Khusus Bidang Perubahan Iklim Agus Purnomo, serta Staf Khusus Bidang Informasi dan Public Relation Heru Lelono.

Sebelumnya terdapat Staf Khusus Presiden Bidang Hukum dan HAM yang dijabat oleh Denny Indrayana. Namun, setelah yang bersangkutan diangkat menjadi wakil menteri, sampai saat ini posisi tersebut masih kosong. "Belum ada penggantinya sejak Pak Denny menjadi wakil menteri hukum dan HAM," ujar Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, kemarin.

Julian berkata, keputusan presiden (keppres) tentang pengangkatan Firmanzah sebagai staf khusus bidang ekonomi telah ditandatangani Presiden. "Tetapi saya lupa nomor berapa," imbuhnya.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penghina Jokowi Sudah Tanda Tangani Surat Penangguhan Penahanan