Rusia Kirim Kapal Perang ke Suriah?

|

Kapal Perang Rusia (Foto: ruvr)

Rusia Kirim Kapal Perang ke Suriah?

MOSKOW - Sejumlah kapal perang Rusia dari Armada Laut Hitam dilaporkan tengah berlayar menuju Laut Mediterania. Menurut otoritas Rusia, langkah ini berkaitan erat dengan kepentingan untuk melindungi basis logistik Rusia yang berada di Tartous, Suriah.

"Laut Mediterania merupakan tanggung jawab Armada Laut Hitam. Oleh karenanya sejumlah kapal perang akan diarahkan ke wilayah itu terkait dengan kepentingan untuk melindungi basis logistik Rusia di Tartous, Suriah," ujar salah seorang pejabat Rusia kepada Kantor Berita Itar-Tass yang dikutip Russian Today Sabtu, (16/6/2012).

Sumber dari pihak Pemerintah Rusia itu menambahkan, sejumlah kapal perang dari Armada Laut Hitam yang berlayar menuju Rusia termasuk diantaranya kapal perang dengan ukuran besar yang memiliki fasilitas landasan pendaratan. Armada Laut Hitam merupakan salah armada laut Rusia yang beroperasi di kawasan Laut Hitam dan Laut Mediterania sejak akhir abad 18.

Kendati demikian, pihak Rusia membantah sebuah laporan media Amerika Serikat (AS) yang menyebutkan bahwa Armada Laut Hitam Rusia tengah berlayar menuju Tartous untuk mendukung kekuasaan rezim Suriah.

"Seluruh kapal perang berada di Sevastopol namun, tidak demikian dengan kapal perang Cesar Kunikov. Mungkin intelijen AS memiliki kinerja yang buruk atau mungkin saja pengetahuan geografi mereka yang payah," ujar salah seorang pejabat Rusia.

Menurut pejabat Rusia itu, kapal perang Cesar Kunikov dari Armada Laut Hitam baru saja kembali dari Messina, Italia dengan melewati Selat Bosporus pada Jumat 15 Juni kemarin. Cesar Kunikov pun kabarnya akan segera ditempatkan di basis militer Sevastopol, Ukraina.

Sebelumnya, muncul kabar dari salah satu media AS, NBC, yang menyebutkan bahwa Rusia telah mengirimkan pasukannya dalam kelompok kecil ke Suriah untuk melindungi basis logistik mereka di Tortous. Dalam laporannya, NBC mengatakan Rusia mengirimkan pasukannya itu ke Tartous dengan menggunakan kapal perang.

Namun, informasi ini belum dapat dikonfirmasi oleh Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS.

Kapal perang Rusia diketahui terakhir kalinya mengunjungi Suriah pada Januari lalu. Kunjungan yang dipimpin oleh kapal perang Admiral Kuznetsov ini ditujukan untuk mengisi cadangan logistik dan melakukan perawatan kapal.

Rusia selama ini dikenal sebagai salah satu sekutu terdekat Suriah. Bahkan dua hari lalu, AS menuding Rusia telah mengirimkan sejumlah helikopter tempur untuk mendukung rezim Suriah yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad. Negeri Beruang Merah ini pun sempat bersumpah bahwa pihaknya tidak akan membiarkan tindakan militer dilakukan sebagai upaya untuk mengakhiri kekerasan mematikan di Suriah.

Selama ini Tartous yang merupakan wilayah Suriah dikenal sebagai satu-satunya pangkalan Angkatan Laut (AL) Rusia yang berada di luar wilayah negara itu. Pangkalan AL di Tartous merupakan pusat logistik yang melayani berbagai kebutuhan bagi sejumlah kapal perang Rusia yang beroperasi di kawasan Laut Mediterania. Berdasarkan kesepakatan kedua negara (Suriah-Rusia) pangkalan AL Rusia ini dibuka sejak 1971 lalu.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bersepeda Ke HI, Jokowi Sapa Warga Jakarta