Pimnas Mampu Angkat Potensi Bantul

|

Logo Pimnas 2012 (ist.)

Pimnas Mampu Angkat Potensi Bantul

YOGYAKARTA – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-25 yang akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) diharapkan mampu menjadi agenda nasional yang mampu mengangkat potensi Kabupaten Bantul. Pimnas tahun ini akan digelar pada 9–14 Juli mendatang.

Potensi budaya, makanan khas, kesenian maupun kerajinan bisa diperkenalkan. Hal tersebut diungkapkan Bupati Bantul Sri Surya Widati saat Tim Panitia Pimnas ke-25 UMY beraudiensi dengannya kemarin. Audiensi dilakukan untuk menginformasikan mengenai terselenggaranya Pimnas ke-25 kepada jajaran Pemkab Bantul. "Hadirnya 2.000 mahasiswa peserta Pimnas dari seluruh Indonesia yang didampingi para penggembira menjadi kesempatan besar untuk memperkenalkan potensi Kabupaten Bantul. Kami sangat senang atas terselenggaranya Pimnas ke-25 di UMY yang dalam wilayah kami," ujar Sri.

Sri Surya Widati yang akrab disapa Ibu Ida Idham Samawi mengaku, pengenalan potensi Bantul dapat dilakukan misalnya dengan mementaskan keseniannya kepada para peserta. Atau bisa juga dengan memperkenalkan berbagai objek wisata, khususnya di Bantul seperti Pantai Parangtritis. "Ini kegiatan nasional, peserta akan datang dari seluruh Indonesia. Jadi sangat bagus sebagai sarana mempromosikan Kabupaten Bantul. Kami dengan senang hati membantu, misalnya meminjamkan mobil pemadam kebakaran, mobil toilet dan sebagainya yang mungkin dibutuhkan panitia," tuturnya.

Ida pun mengimbau kepada panitia Pimnas agar turut melibatkan masyarakat sekitar. Bila banyak penggembira dan pendamping peserta yang membutuhkan penginapan, bisa mengajak kerjasama warga sekitar kampus. Selain lebih hemat, warga sekitar UMY juga dapat merasakan manfaat dari diadakannya Pimnas.

Sementara itu, Penanggung Jawab Pelaksanaan Pimnas ke-25 Sri Atmaja P Rosyidi bertutur, pihaknya menyambut baik dukungan yang diberikan Pemkab Bantul. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pemkab agar pelaksanaan Pinmas tahun ini bisa berjalan baik.

"Kami senang mendapat dukungan dari banyak pihak, utamanya pemerintah daerah. Apalagi UMY secara kedaerahan masuk Kabupaten Bantul dan pelaksanaannya akan dilakukan di lingkungan kampus UMY," ujarnya. (ratih keswara/koran si)

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mayat dalam Bak Mandi Korban Pembunuhan