Pembunuh Bayaran yang Aksinya Terekam CCTV Ditangkap

|

Ridwan Saputra (tengah) (Foto: Okezone/Banda Haruddin Tanjung)

Pembunuh Bayaran yang Aksinya Terekam CCTV Ditangkap
PEKANBARU - Setelah buron selama tujuh bulan, polisi berhasil membekuk pembunuh Haloman Gurning, seorang kontraktor kawakan PTPN V, Pekanbaru, Riau.
 
Seorang pelaku, Septriadi (26), tewas dalam kecelakaan di Jalan Teuku Umar, Pekanbaru, belum lama ini. Pria yang disapa Asep itu merupakan residivis kasus pembunuhan di Kota Dumai.

Seorang lagi, Ridwan Saputra (22), ditangkap di Jalan Nangka, Pekanbaru. Keduanya adalah pembunuh bayaran.

“Asep adalah eksekutor yang membunuh Gurning menggunakan parang. Dia dibayar Rp500 juta untuk membunuh korban. Sementara Ridwan merupakan joki pembawa motor yang membonceng Asep. Dia diabayar Rp50 juta,” kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Adang Ginanjar, Selasa (19/6/2012).

Meski demikian, polisi belum bisa menyebut pemakai jasa dua pembunuh bayaran itu.

“Masih kami dalami siapa aktor intelektualanya, tapi identitasnya sudah kami ketahui,” sambung Adang. Selama menjadi buronan, dua pelaku beberapa kali ke Jakarta untuk bersembunyi.

“Tersangka akan kami jerat dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati,” sebutnya.

Pembunuhan terhadap Gurning terjadi pada 10 Nevember 2011 sekira pukul 20.00 WIB di Rumah Makan Pondok Patin, Pekanbaru. Korban tewas dengan lima luka bacok di kepala.

Pelaku pembunuhan pengusaha kawakan di Pekanbaru itu terbilang nekat karena dilakukan di depan umum. Aksi pelaku juga terekam CCTV.

Belakangan mencuat kabar, pembunuhan dilatarbelakangi persaingan bisnis antarpengusaha di PTPN V, tempat Halomon Gurning berbisnis sebagai kontraktor. Namun polisi masih belum bisa memastikan motif sebenarnya.
(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    BJ Habibie Dirawat di RSPAD Gatot Subroto