Adu Mesin Avanza, Xenia, Ertiga & Evalia (IV)

|

F: ist

Adu Mesin Avanza, Xenia, Ertiga & Evalia (IV)
JAKARTA – Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mendapat pesaing baru di 2012 ini, Suzuki Ertiga dan Nissan Evalia. Setelah membahas eksterior dan interior, kini saatnya buka-bukaan jeroan mesin dan efisiensi bahan bakar empat low MPV tersebut.

Berangkat dari Toyota Avanza Veloz yang merupakan varian tertinggi Avanza. Veloz dibekali mesin IL, empat silinder, 16 V, DOHC, VVTI dengan isi silinder 1.495cc. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga 104ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 kgm pada 4.400 rpm.
 
Dengan mesin tersebut, Veloz mampu berlari 0 hingga 100 km/jam atau mengalami peningkatan 0,2 detik dari pendahulunya menjadi 11,9 detik. Avanza Veloz juga diklaim mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Bila Avanza generasi pertama konsumsinya mencapai 11,2 km/l, kini untuk Veloz bisa mencapai 12,0 km/l atau 7,14 persen lebih irit.
 
Toyota juga mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya lebih irit tujuh hingga delapan persen dibandingkan versi sebelumnya. Menurutnya, efesiensi bahan bakar itu didukung dengan adanya teknologi electric power system (EPS) yang disematkan dalam varian Avanza Veloz.
 
Lari ke All New Xenia R Sporti yang merupakan varian tertinggi dari Xenia. Mobil yang dibanderol mulai Rp145,2 juta untuk R MT Standar dan Rp173,9 jutaan untuk tipe R AT Sporty ini dibekali mesin berkapasitas 1.298cc, empat silinder DOHC VVT-I dengan kode K3-VE, dipadu dengan transmisi manual lima percepatan. Mesin tersebut lebih bertenaga pada putaran mesin saat mencapai 3.000 rpm.
 
Efesiensi bahan bakar pada Xenia ini didukung dengan adanya sistem bahan bakar EFI (Electrik Fuel Injection). Dengan sistem tersebut All New Xenia R Sporti diklaim lebih irit tujuh hingga delapan persen dibanding generasi lawas.
 
Sedangkan Suzuki Ertiga dibekali mesin berkapasitas 1.337 cc segaris, empat silinder, DOHC, 16 katup, VVT (Variable Valve Timing). Ertiga GX ini juga didukung dengan Multi Point Injection atau mesin suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin terkontrol secara elektronik. Ini dapat menghasilkan pembakaran sempurna dan mendapatkan performa mesin yang baik.
 
Mesin Ertiga memiliki Drive-By-Wire Technology dapat menghasilkan kinerja mesin yang lebih akurat, responsif dan akselerasinya lebih responsif karena didukung juga oleh sistem ECM (Electronic Control Module). Bukaan katup bahan bakarnya dikendalikan oleh sensor potensiometer sebagai pengganti kabel gas. Ertiga dapat menghasilkan tenaga dengan optimal yakni 95 PS pada putaran 6.000 dengan torsi maksimum 130 Nm pada putaran 4.000.
 
Efesiensi bahan bakarnya diklaim lebih hemat. Suzuki mencatat satu liter untuk pemakaian 16,3 km dan emisi gas buangnya rendah sehingga lebih ramah lingkungan (eco friendly). Mesinnya juga menggunakan seri K, yakni K14 B yang terbuat dari bahan alumunium yang ringan, bertenaga dan responsif.
 
Lebih lanjut, Nissan Evalia tipe XV yang merupakan varian tertinggi dari Evalia. Di Tanah Air, Evalia tersedia dalam tiga tipe, yakni SV dan S. Model XV dan SV tersedia dalam transmisi manual maupun otomatis, sedangkan S hanya ditawarkan dalam transmisi manual.
 
Ketiganya sama-sama dibekali mesin berkapasitas 1.500cc HR15DE. Mesin ini juga digunakan pada varian Nissan Grand Livina yang sama-sama dilengkapi Dual Injection System dan twin CVTC. Evalia diklaim mampu menembus efisiensi 11,6 km per liter.
(zwr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kejagung Sita Aset Udar Pristono