Aksi Demonstrasi LSM Asing Menuai Kritik

Kamis, 21 Juni 2012 01:45 wib | K. Yudha Wirakusuma - Okezone

Aksi Demonstrasi LSM Asing Menuai Kritik Ilustrasi (Foto: dok Okezone) JAKARTA – Aksi Demonstrasi yang dilakukan LSM Asing menuai kritik. Kementerian Hukum dan HAM mengatakan bahwa LSM Asing hanya dapat menyampaikan ide atau gagasan, sosial  dan kultural.
 
“Sebagai perkumpulan hanya dapat menyampaikan  tiga hal, yakni  ide atau gagasan, sosial  dan kultural,’’ kata Kepala Seksi Badan Hukum Sosial Sub Direktorat Badan Hukum, Direktorat Perdata, Dirjen AHU, Kementerian Hukum dan HAM, Abriana Kusuma Dewi, saat diskusi dengan Aliansi Mahasiswa Tolak LSM Asing, di Jakarta, Rabu (20/6/2012).

Sebelumnya, Aliansi Mahasiswa Tolak LSM Asing juga melakukan konsultasi dengan Sekjen Kemenkum dan HAM Bambang Rantam serta Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM, Widi Asmoro. Dalam kesempatan tersebut, mereka  membahas soal LSM Asing. 

Senada dengan Abriana, mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Departemen Kehakiman dan HAM RI, Prof Dr Romli Atmasasmita menilai, aktivitas LSM Asing yang kerap menggelar aksi demonstrasi di depan umum sudah menyalahi UU No 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

”Setiap orang yang berada di Indonesia bebas menyatakan pendapat di muka umum, asal melapor ke polisi. Kalau perkumpulan juga semua ada aturan mainnya, ada syarat-syaratnya. Mereka terdaftar atau tidak. Kalau terdaftar kan juga tidak seumur hidup, ada masa berlakunya,” paparnya.
(ydh)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »