IPB Didapuk Kembangkan Potensi Laut Maluku

|

Ilustrasi : ist.

IPB Didapuk Kembangkan Potensi Laut Maluku

JAKARTA - Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki sumber daya kelautan yang melimpah. Untuk itu, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam mengembangkan potensi bahari yang dimiliki di daerah tersebut.

Penandatanganan nota kesepahaman “Pengembangan Ekonomi dan Wilayah Berbasis Sumberdaya Lokal Dalam Rangka Membangun Maluku sebagai Provinsi Kepulauan” ini diharapkan semakin memperkukuh kerjasama yang sudah terjalin selama ini. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Rektor IPB Herry Suhardiyanto dengan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Dramaga Bogor, kemarin.

 

Herry menyebut, potensi Maluku yang kaya dengan sumberdaya kelautan, adalah tumpuan harapan masyarakat Maluku di masa yang akan datang. Maka, dia mengamanahkan secara khusus kepada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB dan fakultas-fakultas lainnya untuk bergandengan tangan menggarap potensi yang dimiliki Maluku untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. Demikian seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (22/6/2012).

 

Sementara itu, Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu mengungkap, luas daratan yang dimilliki provinsi yang dipimpinnya hanya 6,5 persen dari luas keseluruhan wilayahnya sementara sisanya adalah lautan. Maka, lanjutnya, pantas kiranya sebutan Provinsi Seribu Pulau untuk Maluku.

"Baru-baru ini, Maluku dicanangkan sebagai lumbung ikan nasional. Karenanya, kehadiran peran IPB di Maluku diharapkan dapat memberikan dukungan penuh untuk mewujudkan itu semua. Karena betapa pun kayanya potensi alam yang kita miliki, jika tidak dilindungi suatu saat akan habis terkuras oleh illegal fishing,” ujar Karel.(mrg)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kejagung Sita Aset Udar Pristono