3 Cara DPR Gulingkan Pemerintahan SBY-Boediono

Presiden SBY (Foto: Reuters)

3 Cara DPR Gulingkan Pemerintahan SBY-Boediono
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo menyatakan setidaknya ada tiga hal yang bisa menggulingkan atau dalam istilah asingnya impeachment terhadap pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.
 
Menurutnya, yang pertama ialah kasus Century yang bisa mencopot jabatan Boediono sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.
 
"Century sudah tinggal selangkah lagi tapi bukan ditujukan kepada Presiden, melainkan ke Boediono, yang merupakan Gubernur BI pada saat itu," ungkap Bambang saat ditemui wartawan di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (23/6/2012).
 
Kemudian, langkah kedua adalah pengajuan hak interplasi DPR terkait pemberian remisi terhadap terpidana narkoba terhadap warga negasa Australia, Corby. "Kalau itu ditujukan langsung kepada Presiden karena dia melanggar sumpah jabatannya," tegasnya.
 
Sedangkan langkah ketiga adalah pengajuan Hak Angket DPR terkait Mafia Pajak jilid II yang bisa melengserkan pemerintahan SBY.
 
"Itu semua bisa berujung pada pemakzulan SBY karena menyangkut kebijakan, karena pemakzulan diberikan kepada Kepala Negara jika melakukan kesalahan kebijakan atau perbuatan tercela dan atau berhalangan tetap," simpulnya.
(lam)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tolak Turis Asing, Korut Siaga Ebola