Unsoed Pamerkan Batu Langit pada Masyarakat

|

Foto : Unsoed

Unsoed Pamerkan Batu Langit pada Masyarakat

JAKARTA - Apa istimewanya sebuah batu? Namun, ini bukan batu biasa. Batu istimewa yang berupa meteroit ini menjadi primadona pameran bertajuk GEMSTONE Exhibition besutan program studi (prodi) Geologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto.

Dosen pengampu mata kuliah Geologi Batu Mulia Unsoed, yakni Siswandi dan Eko Bayu Putrasatria berharap, ajang ini menjadi penerang untuk menjembatani jarak antara derajat ilmiah batu mulia dengan pandangan masyarakat. Siswandi menyebutkan, pameran tersebut dapat menjadi salah satu sarana untuk membuka cakrawala masyarakat yang tidak percaya terhadap nilai ‘klenik’ sebuah batu.

“Secara ilmiah sebenarnya bisa dijelaskan, mengapa sebuah batu memiliki keistimewaan. Misalnya, batu dapat menawarkan racun,” tutur Siswandi, seperti dilansir dari situs Unsoed, Sabtu (23/62012).

Dalam pameran tersebut, jajaran batu-batu nan eksotis karena pengaruh tata letak intern atomnya dalam pameran ini dilengkapi data tulisan tentang unsur kimia, mineralogi, dan fisik. Tidak ketinggalan, nilai seni, budaya, dan kepentingan mode dari jajaran batu tersebut turut diulas.

"Maka, pameran ini tak sekedar menjadi pameran ilmiah, namun juga berselimut nuansa seni nan eksotis. Penamaan batu-batu mulia yang dipamerkanpun sangat unik, seperti Karuwetaning Urip, Le Sang Du Christ, Genitnya Jasper Klawing, atau juga Berparas Cantik dari Kompleks Melange," ujar pria yang akrab disapa Pak Sis tersebut.

Sementara itu, sang primadona pameran, yakni sebongkah batu dari langit, setelah dilakukan uji laboratorium dapat dipastikan sebagai meteorit. Batu ini ditemukan sekira 1956. Sementara itu, batu-batu yang lain merupakan batuan lokal yang ditemukan oleh mahasiswa geologi dalam kegiatan kuliah lapangannya.(mrg)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pollycarpus Bebas Bersyarat