Suap Angie, Rektor Haluoleo Diperiksa Soal Laboratorium MIPA

Senin, 25 Juni 2012 17:15 wib | Mustholih - Okezone

Suap Angie, Rektor Haluoleo Diperiksa Soal Laboratorium MIPA Angelina Sondakh (Foto: Heru H/okezone) JAKARTA- Rektor Universitas Haluoleo, Sulawesi Tenggara, Usman Rianse, mengaku diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi soal pengadaan laboratorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Usman diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penerimaan suap Angelina Sondakh dalam pembahasan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan Nasional 2011.

"Saya sudah menyampaikan secara utuh kepada penyidik. Saya jelaskan tidak mengelola anggaran untuk Fakultas Mipa," kata Usman Rianse di KPK, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2012).

Usman Rianse memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa soal Anelina Sondakh, setelah sebelumnya sempat mangkir. Usman mengatakan Universitas Haluoleo tidak pernah mengusulkan pengadaan laboratorium Fakultas Mipa. "Jadi saya menolak anggaran itu," terang Usman.

Menurut Usman, Universitas Haluoleo menerima anggaran Rp263 miliar dari Departemen Pendidikan untuk pengadaan laboratorium. Usman mengatakan dana tersebut turun setelah pihaknya mengajukan anggaran Rp 400 miliar.

"Yang disetujui Rp263 miliar. Unhalu itu sebenarnya sangat membutuhkan bantuan untuk pembangunan kampus," terang Usman.

Usman menegaskan usulan anggaran tersebut diusulkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Menurut Usman, usulan tersebut terlebih dulu digodok di Rapat Kerja Universitas Haluoleo.

"Jika ada anggaran yang tidak sesuai dengan universitas, kita juga mempertanggungjawabkannya di internal universitas. Karena itu, kami selalu komitmen dengan universitas kami," kata Usman.

Usman juga meyakinkan tidak pernah mengadakan pembahasan anggaran dengan DPR RI. "Bagaimana kita mau tahu, kita kan tidak ikut membahas di DPR. Kita mengusulkan di Dikti pada Maret 2010 untuk 2011," ungkap Usman.
(crl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »