Beasiswa DAAD untuk S-2 di Jerman

|

Image: corbis.com

Beasiswa DAAD untuk S-2 di Jerman
JAKARTA - Kamu yang berminat kuliah magister di Jerman masih memiliki waktu untuk mendaftar beasiswa ini.

Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD) atau organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman menawarkan program beasiswa DAAD Masters Scholarships in Public Policy and Good Governance. Program ini didesain untuk melahirkan para pemimpin masa depan di bidang politik, hukum, ekonomi, dan administrasi.

Jika tertarik, kamu bisa melamar ke kampus-kampus dan program studi berikut:

• Hertie School of Governance, Berlin: Master of Public Policy (MPP)
•  University of Duisburg-Essen: MA Development and Governance
•  Willy Brandt School of Public Policy at the University of Erfurt: Master of Public Policy (MPP) dan lima beasiswa tambahan lain untuk MPP/Conflict Studies and Management Programme (CSMP)
•  Leuphana University of Lüneburg: Public Economics, Law and Politics (PELP)
•  University of Applied Sciences Osnabrück: Master Management in Non-Profit Organisations
•  University of Osnabrück: Master Democratic Governance and Civil Society
•  University of Passau: Governance and Public Policy
•  University of Potsdam: Public Policy and Management (PPM)

Pemerintah Jerman menyediakan 8-10 beasiswa untuk setiap program studi yang ditawarkan melalui program ini. Beasiswa ini terbuka bagi para pelajar di Afrika, Amerika Latin, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan juga negara-negara Timur Tengah.

Sebagai penerima beasiswa (awardee), kamu akan mendapatkan biaya pendidikan selama dua tahun di institusi pendidikan tinggi Jerman. DAAD membayar biaya pendidikan rata-rata 750 euro per bulan. Beasiswa ini juga meliputi asuransi kesehatan di Jerman. Tidak hanya itu, DAAD akan memberikan biaya perjalanan, subsidi riset, dan atau tunjangan keluarga.  

Untuk mendaftar program beasiswa ini, kamu haruslah memiliki gelar sarjana dan berkomitmen akan aktif berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi di negara asalmu. Beasiswa ini ditawarkan bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja maupun lulusan baru (fresh graduate).

Jangan lupa, kamu harus menguasai bahasa Jerman jika memilih bidang studi yang diajarkan dalam bahasa Jerman. Minimal, penguasaan bahasa Jermanmu harus pada level A2. Ini akan memudahkanmu dalam tes masuk. Sementara itu, bagi program studi yang akan diampu dengan bahasa Inggris, minimal skor TOEFL yang harus kamu miliki adalah 550.

Nah, sekarang, mari siapkan berkas yang kamu butuhkan untuk melamar beasiswa ini:

• Formulir pendaftaran beasiswa DAAD.
Motivation letter yang mencantumkan deskripsi jelas tentang prestasi akademikmu, serta alasan profesional dan personal yang mendasarimu melamar beasiswa ini.
Curriculum vitae lengkap, termasuk informasi tentang bidang studi yang kamu tekuni, dan, jika ada, deskripsi tentang pengalaman kerjamu.
• Sertifikat kemahiran berbahasa asing terbaru yang membuktikan kemampuanmu berbahasa Inggris (TOEFL, IELTS), dan atau Jerman. Panitia tidak akan mengganti biaya yang kamu keluarkan untuk tes ini.
• Dua surat rekomendasi dari perguruan tinggi atau mantan atasanmu.
• Fotokopi semua dokumen yang kamu lampirkan yang sudah dilegalisasi. 

Berkas lamaranmu haruslah sudah diterima panitia lokal beasiswa DAAD pada 31 Juli 2012. Informasi lengkap bisa kamu unduh di http://www.daad.de. (rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rini Soemarno Diragukan Bisa Laksanakan Agenda Trisakti