Siapkan Pimnas, ITS Beri Pembekalan Satu Malam

|

Ilustrasi : ist.

Siapkan Pimnas, ITS Beri Pembekalan Satu Malam

JAKARTA - Jelang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-25, setiap universitas pun melakukan berbagai persiapan, tidak terkecuali Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Untuk itu, Kementrian Riset dan Teknologi (Ristek) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS menggelar pembekalan khusus bertajuk Sleepover PKM.

Di bawah bimbingan Tim Tujuh, para mahasiswa yang berhasil lolos seleski Pimnas ke-25 mendapat pembekalan selama semalam penuh. Tim Tujuh terdiri dari mahasiswa yang sukses meraih medali di Pimnas periode-periode sebelumnya. Tim bentukan Kementrian Ristek BEM ITS ini bertugas membimbing persiapan pembuatan slide presentasi para tim.

Sesuai namanya, ada tujuh orang dalam tim tersebut. Mereka dipimpin oleh Achmad Ferdiansyah, mantan Menteri Ristek BEM ITS yang membawa ITS menuju juara umum kedua pada Pimnas 2010. Berbagai masukan dibagikan terkait dengan substansi slide presentasi serta teknik pembuatan presentasi yang efektif.

Melalui diskusi interaktif, pembimbingan berlangsung dengan suasana santai. Setiap sudut ruang yang umumnya digunakan untuk kegiatan formal, dipenuhi tim-tim PKM yang tengah menghadapi laptop masing-masing.

Pembimbingan ini sekaligus sebagai upaya monitoring kemajuan persiapan presentasi peserta Pimnas XXV. ''Progress persiapan kami masih 50 persen. Semoga malam ini sambil bimbingan, Power Point kami bisa selesai,'' ungkap salah satu peserta, Hanny Adiati, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (25/6/2012).

Bandung Arry mengungkapkan, pembekalan Sleepover PKM diharapkan bisa memacu setiap tim dalam menyempurnakan slide presentasi. ''Adanya Tim Tujuh juga berfungsi sebagai perantara antara pihak dosen (pembimbing peserta Pimnas) dengan mahasiswa,'' tandas Bandung.(mrg)

Waktu dua minggu tergolong singkat untuk mematangkan persiapan peserta Pimnas. Sleepover PKM bukan pembimbingan yang terakhir. ''Setelah ini akan ada pembimbingan tahap lanjut khusus mempersiapkan performa dan teknik presentasi peserta Pimnas 25,'' ujarnya menambahkan.

Staf Kementrian Ristek BEM ITS Bintang Wahyu Syah mengatakan, pembimbingan lanjutan akan mencakup simulasi total Pimnas. Untuk keseluruhan pembimbingan peserta tahun ini, Kementrian Ristek BEM ITS turut bekerja sama dengan Bagian Kemahasiswaan ITS serta Sang Juara School. Seluruh tim peserta akan berangkat bersama-sama ke Yogyakarta dua pekan mendatang.(mrg)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Perempuan Termuda & Tercantik di Dunia